oleh

Akibat Covid-19, 4.295 Karyawan di Rumahkan

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Ratih-Headline, Metro, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Akibat mewabahnya pendemi Corona Virus Disease (Covid-19) di Kota Makassar sebanyak 4.295 karyawan dari 73 perusahaan di rumahkan.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar, Irwan Bangsawan mengatakan, langkah tersebut sebagai upaya pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), sekaligus untuk mematuhi kebijakan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.

Hanya saja, Irwan menjelaskan, hingga saat ini belum ada perusahaan yang melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kepada karyawannya.

“Sampai saat ini hasil pendataan pertanggal 7 April. Jumlah perusahaan yang melaporkan sebanyak 73 perusahaan totalnya 4.295 pekerja. Mereka bukan di PHK kan tapi di rumahkan ataupun sistem kerjanya shift-shift,” ujar Irwan, Rabu (8/4/2020).

Perusahaan yang terindikasi tersebut ialah 80 persen dari perusahaan perhotelan, pariwisata, rumah makan, perbaikan kendaraan. Paling banyak adalah Hotel.

“Yang terindikasi ini 80 persen perusahaan hotel-hotel dan pariwisata, rumah makan, perusahaan perbaikan kendaraan dan mobil tapi yang lebih banyak itu hotel,” jelasnya. (*)

 

Komentar