oleh

Posko Screening di Pintu Masuk Barru Libatkan TNI-Polri

Editor : Ashar Abdullah-Barru, Daerah-

BARRU, BACAPESAN.COM – Langkah antisipasi dan penanganan Covid-19 terus dimaksimalkan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Usai rapat koordinasi terkait penanganan wabah corona, Bupati Barru Suardi Saleh beserta sejumlah pimpinan Forkopimda langsung bergerak ke lokasi pendirian posko terpadu screening Covid-19 di sekitar gerbang masuk perbatasan Pangkep Barru, Kamis (09/04/2020).

Bersama Kapolres, Dandim, Wakil Bupati, Plh Sekda, dan sejumlah kepala dinas, Suardi Saleh nampak memperhatikan salah satu bangunan di lokasi perbatasan itu yang dijadikan tempat pemeriksaan kesehatan, pendataan bagi siapapun yang ingin masuk ke Barru.

Di posko yang berada di Butung ini akan diisi tim gabungan. Baik dari Dinas Kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Perhubungan, Satpol PP, maupun diback-up khusus oleh aparat dari TNI/Polri. Mereka akan bergantian melakukan pemeriksaan bagi siapapun yang ingin masuk ke wilayah Barru. Mulai pengecekan suhu tubuh, penyemprotan disinfektan ke kendaraan, mengambil data bagi mereka yang tujuan Barru.

Bupati Barru Suardi Saleh mengatakan, meski sejauh ini belum ada warga yang terpapar virus corona di Barru, namun bukan berarti kita harus lengah. Sebab beberapa daerah di Sulsel sudah ditemukan ada positif. Sehingga perlu untuk terus meningkatkan kewaspadaan beserta antisipasinya.

“Saya berharap bagaimana kita mencegah dan menyaring orang yang masuk di Kabupaten Barru dengan membuka Posko Barru-Pangkep. Untuk itu mohon bantuan dari Dandim dan Kapolres (agar) personilnya ditempatkan juga bersama tim dari Dinas Perhubungan dan Satpol PP, BPBD dan Dinas Kesehatan,” kata Suardi Saleh.

Baik Dandim 1405/Mlts, Letkol Kav Ali Syahputra Siregar, maupun Kapolres Barru AKBP Willy Abdillah, menegaskan komitmennya untuk bersama Pemkab menangani penyebaran corona.

Karena itu, mereka siap menurunkan personilnya memback-up pemeriksaan setiap pengendara yang masuk di posko terpadu screening, sekaligus bersama menjaga keamanan:

“Tentang kegiatan saat ini, Kodim mendukung Posko di perbatasan,” tegas Ali Syahputra saat rapat koordinasi di ruang kerja bupati Barru sebelum ke lokasi pendirian posko.

Pernyataan sama ikut disampaikan Kapolres Barru, AKBP Willy. Menurutnya, selain siap menempatkan personil di perbatasan, pihaknya juga terus turun menghimbau ke masyarakat, terutama ke para pendatang untuk tetap di rumah masing-masing.

Sebelumnya, Barru sudah resmi menutup sementara dua pelabuhan untuk aktivitas pelayaran penumpang demi mencegah penyebaran Corona.(*)

Komentar