oleh

Pasien PDP Yang Meninggal di Toraja Negatif Corona

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Cherly-Daerah, Tana Toraja-

TANA TORAJA, BACAPESAN.COM – Salah satu pasien yang berstatus Pasien Dalam Pemantauan di Kabupaten Tana Toraja (Tator) meninggal karena radang paru-paru berat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lapidada.

Hal itu berdasarkan hasil test Polymerase Chain Reaction (PCR) Swab yang hasilnya negatif.

Satgas pencegahan covid-19 Tator yang dipimpinan langsung Wakil Bupati Tator, Victor Datuan Batara bersama Ketua Tim Pengerak PKK, Rospita Napa’ Biringkanae dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK, Hj. Nurlia Datuan Batara, langsung mengantarkan hasil tes Swab kerumah almarhum di Lembang Buntu Tabang, Kecamatan Gadang Batu Sillanan, Kamis 9 April 2020.

“Berdasarkan hasil test swab almarhum negatif corona atau tidak terpapar corona dan meminta tetangga sekitar agar tidak mengucilkan keluarganya karena kematian almarhum bukanlah sebuah aib. Dan karena setiap pasien yang berstatus PDP yang meninggal dan belum ada hasil test swab dalam situasi pandemi wabah covid-19 maka harus dimakamkan sesuai protap covid-19 demi melindungi masyarakat dari hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari. Untuk itu masyarakat diminta untuk tidak resah,” ungkap Victor Datuan.

Dalam kesempatan itu Victor Datuan menyerahkan uang duka serta kebutuhan pokok kepada keluarga korban, dan bahkan wabup menyempatkan diri bersiarah ke makam almarhum yang merupakan salah satu pasien yang berstatus PDP berdasarkan keputusan Dokter Pennaggungjawab Pasien (DPJP) karena adanya gejalah klinis dari pasien dan hasil peeriksaan foto toraks (dada). (*)

Wabup Tator, Victor Datuan Batara bersama satgas covid-19 saat menyerahkan hasil test swab dirumah keluarga pasien PDP yang meninggal beberapa hari lalu. (*)

Komentar