oleh

Pemkot Makassar Berencana Terapkan PSBK

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Ratih-Headline, Metro, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar berencana menerapkan sistem Pembatasan Sosial Berskala Kecil (PSBK) untuk memutuskan mata rantai penyebaran Pendemi Corona Virus Disease (Covid-19).

Sebelumnya, Pejabat Wali Kota Makassar, Iqbal Sujaeb menganggap PBSK lebih efektif jika diterapkan di Kota Makassar, lantaran belum bisa mengajukan usulan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Selain itu, dampak ekonomi juga menjadi pertimbangan mendasar.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar, Irwan Bangsawan mengatakan, PSBB yang telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 yang diteken oleh Presiden RI, Joko Widodo pada Selasa 31 Maret lalu itu masih harus di pertimbangkan di wilayah Kota Makassar.

Menurutnya, perlu ada pertimbangan yang mapan serta ada sejumlah mekanisme yang harus dipenuhi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI untuk bisa menerapkan PSBB, selain itu, harus ada koordinasi dari Pemprov Sulsel.

“PSBB diatur dalam pedoman pemberlakuan, Pak Wali masih menunggu kebijakan untuk melakukan hal itu, karena dampak terhadap aktivitas baik dari sisi ekonomi dan pergerakan manusia, ini perlu jenjang dan pertimbang yang mapan walaupun ini mekanisme ke Kemenkes tapi perlu adanya koordinasi dari Pemprov Sulsel,” ujar Irwan, Jumat (10/4/2020).

Diketahui, kebijakan PSBK diterapkanberdasarkan pertimbangan sebab Kota Makassar merupakan daerah yang sistem perputaran ekonomi di wilayah Indonesia timur. Bukan hanya itu, Makassar juga sebagai pusat perlintasan sekaligus distribusi beragam kebutuhan dari luar Sulsel ke berbagai daerah. (*)

Komentar