oleh

RSUD Daya Disiapkan untuk Penanganan Khusus Covid-19

Ashar Abdullah and Ratih-Headline, Metro, Pemerintahan-

MAKASSSAR, BACAPESAN.COM — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menjadikan RSUD Daya sebagai tempat perawan khusus pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) di Kota Makassar.

Secara fasilitas RSUD Daya siap 100 persen untuk melakukan perawatan, baik yang positif maupun Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Terdapat 30 Bad dan ruang Intensive Coronary Care Unit (ICCU) yang disiapkan.

Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Nurdin Abdullah (NA) mengapresiasi tinggi atas upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dalam menangani pandemik Covid-19. Salah satunya dengan menjadikan RSUD Daya sebagai tempat perawatan khusus Covid-19. Ia sangat takjub usai melihat ruang Intensive Coronary Care Unit (ICCU) yang disiapkan.

“Kita apresiasi, ternyata Pemkot Makassar telah menyiapkan rumah sakit khusus Covid-19. Kita bisa lihat kesiapan rumah sakit ini, walaupun bed-nya hanya 30, tapi ini betul-betul terintegrasi. Mulai dari perawatan PDP hingga yang positif. Yang membuat saya surparise adalah ICCU-nya. ICCU ini yang sangat luar biasa saya kira,” ucap NA, Senin (13/4/2020).

NA menambahkan,pihaknya akan membantu kebutuhan yang masih kurang di RSUD Daya. Untuk tahap awal ini, akan diberikan 1.000 APD dan 500 alat rapid test corona.

“RSUD ini memang sudah standar WHO dari awal, jadi kita tidak ragukan lagi. Dengan melihat kesiapan dan fasilitas yang ada RSUD Daya siap 100 persen menerima pasien, dan saya yakin pasien dari positif ke negatif itu akan cepat,” jelasnya.

NA berharap, dengan melihat teknologi yang dimiliki RSUD Daya saat ini juga sudah bisa melakukan uji laboratorium awal sembari menunggu hasil resmi dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK).

Komentar