oleh

RSUD Daya Jadi Rujukan Pasien Covid-19 Jika Sudah Over Kapasitas

Ashar Abdullah and Ratih-Metro, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, pilih RSUD Daya sebagai rumah sakit pembantu untuk menangani pasien pendemi Corona Virus Disease (Covid-19) di Kota Makassar.

Saat ini RSUD Daya memiliki ruang ICU sebanyak 6 tempat tidur yang di lengkapi ventilator 3 buah dan monitor di setiap tempat tidur dengan oksigen sentral, kamar mandiri untuk tiap pasien dengan tabung oksigen dan monitor di tiap tempat tidur, 2 ruangan bangsal dengan 6 tempat tidur lengkap oksigen juga monitor.

Pasalnya, setiap ruangan yang dilengkapi CCTV dan di monitor oleh petugas yang sudah di latih. Terdapat ruang tempat pemulasaran jenazah, ruang shalat di ICU, pembuangan limbah yang sudah menerapkan proses pretreatment sebelum masuk ke pembuangan IPAL umum, dokter spesialis paru, dan fasilitas buat nakes dan non nakes yang di siapkan.

Penjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb mengatakan RSUD Daya Makassar disiapkan untuk membantu rumah sakit rujukan agar penanganan covid-19 ini bisa tercover dengan optimal.

“Sudah ada rumah sakit rujukan yang di tentukan Provinsi Sulawesi Selatan namun kami Pemerintah Kota Makassar juga menyiapkan RSUD Daya sebagai bantuan jika di rumah sakit rujukan sudah tidak memungkinkan untuk menampung pasien covid,” ujar Iqbal, usai melihat ruangan berlantai 4, Jalan Perintis Kemerdekaan, Rabu (15/4/2020). (*)

Komentar