oleh

Jelang Ramadan, Begini Seruan MUI soal Zakat hingga Ziarah Kubur

Ashar Abdullah-Headline, ISLAMI, Metro-

JAKARTA, BACAPESAN.COM – Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi yang juga waketum Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyampaikan imbauan untuk umat Islam jelang bulan Ramadan.

“Ramadan adalah bulan yang sangat mulia. Allah SWT melipatgandakan pahala semua amal ibadah di bulan ramadan. Karena itu kehadirannya selalu ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam di mana pun berada,” kata Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi yang juga waketum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Sabtu (18/4).

Untuk menyambut bulan yang mulia tersebut, umat Islam dianjurkan untuk :

1. Menata niat yang baik dan menyambutnya dengan ikhlas dan penuh sukacita. Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa yang bergembira dengan datangnya bulan Ramadhan, Allah akan mengharamkan jasadnya masuk ke dalam neraka.”

Begitu mulianya bulan Ramadan sehingga menyambut dengan perasaan senang dan gembira saja Allah SWT akan memberikan jaminan surga kepadanya. Dengan catatan jika semua itu dilakukan dengan penuh keimanan dan keikhlasan.

2. Hendaknya sebelum masuk Ramadan yaitu Rajab dan Sya’ban, sudah mulai melatih diri dengan melaksanakan amalan-amalan sunat, misalnya berpuasa, membaca Alquran, memperbanyak sedekah dan zakat mal (harta).

Hal ini sesuai dengan hadits nabi diriwayatkan dari Anas, “bahwa umat Islam ketika masuk bulan Syaban, maka senantiasa membaca Alquran dan mengeluatkan zakat hartanya, sebagai bantuan untuk orang miskin dalam menghadapi puasa”.

Komentar