oleh

Barapi Sulsel Bakal Laporkan Dua Kades di Takalar, Ini Sebabnya

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Supahrin-Daerah, Takalar-

TAKALAR, BACAPESAN.COM – Ketua Forum Barisan Rakyat Anti Korupsi (Barapi) Sulsel, Dirman Danker bakal melaporkan Penjabat (Pj) Kepala Desa Parangmata, Kecamatan Galesong dan Pj Kades Bontokanang, Kecamatan Galesong Selatan di Polres Takalar.

“Ia dalam waktu dekat ini saya akan melaporkan Pj Kades Parangmata, dan Pj Kades Bontokanang di Polres Takalar dengan pengaduan Indikasi Penyelewengan Keuangan DanaDesa Tahun Anggaran 2019” Ucap Dirman Danker, di warkop The Rill, Selasa (21/04).

Ia menambahkan, pihaknya melakukan hal itu dalam rangka mendorong terbentuknya tata kelola pemerintahan yang baik, transparan dan profesional dengan berorientasi pada pelaksanaan program pembangunan, pembinaan, dan pemberdayaan masyarakat yang sesuai amanat peraturan perundang-undangan.

Dengan merujuk :
Undang-Undang No. 8 Tahun 1981 tentang Kitab Undang Undang Hukum Acara Pidana:

Undang-Undang No. 28 Tahun 1999 Tentang Penyelenggaraan Negera yang Bersih dan Bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme; Undang-Undang No. 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang No. 20 Tahun 2001;

Peraturan Pemerintah No 71 Tahun 2000 Tentang Tata Cara Pelaksanaan Peran Serta Masyarakat dan Pemberian Penghargaan Dalam Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi; Undang-Undang No. 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia, beserta peraturan pelaksananya;

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, beserta peraturan Pelaksananya; Surat Himbauan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nomor: B.7508 terkait Pengelolaan Keuangan Dana Desa.

Sehubungan dengan adanya fakta dan informasi yang berkembang ditengah masyarakat Desa Parangmata, Kecamatan Galesong dan Desa Bontokanang, Kecamatan Galesong Selatan Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan.

“Kami dari Forum Barapi Sulsel bakal melayangkan pengaduan tentang adanya, Indikasi Penyelewengan Keuangan Dana Desa Tahun Anggaran 2019, diduga kuat dilakukan oleh Pj Kepala Desa Parangmata dan Pj Bontokanang, bekerjasama dengan perangkatnya,” ucapnya.

Dimana masyarakat mengetahui bahwa di Desa Parangmata dan Bontokanang, terindikasi terdapat banyak penyelewengan terhadap keuangan Dana Desa dan khususnya Tahun Anggaran 2019. Tegas Dirman Danker.

Dirman Danker juga menyampaikan bahwa nanti dilaporannya akan merinci secara detail dugaan penyelewengan Keuangan Dana Desa Tahun Anggaran 2019 di
Desa Parangmata dan Bontokanang. (*)

Komentar