oleh

Kasasi JPU Ditolak, Zugito Bebas

Editor : Ashar Abdullah-Hukum, Korupsi-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi Jaksa Penuntut Umum (JPU). Termohon atau terdakwa Zulkifli Gani Otto dinyatakan tak bersalah dalam kasus dugaan penyalahgunaan Gedung PWI Sulsel.

Penasihat hukum terdakwa, Faisal Silenang mengatakan, MA menolak kasasi dari JPU Kejari Makassar selaku pemohon. “Sudah ditolak atau diputus pada 20 November 2019. Alhamdulillah. Dan memang apa yang dituduhkan kepada pak Zulkifli itu memang keliru,” paparnya.

Menurutnya, sejak awal pihaknya sudah menduga laporan JPU akan dianulir Mahkamah Agung. Pasalnya pijakan atau dasar semua dugaan atau tuduhan kepada Zulkifli tidak kuat.

“Seperti menggunakan Gedung PWI untuk selanjutnya digunakan usaha minimarket, itu bukan keputusan sepihak oleh Pak Zulkifli. Itu merupakan hasil rapat dan menjadi keputusan bersama pengurus PWI Sulsel,” terangnya.

Karena semua putusan diambil dari hasil rapat PWI Sulsel, kata dia, maka indikasi korupsi seperti yang didakwakan JPU sungguh keliru. “Dan tidak ada perbuatan Pak Zugito, yang menimbulkan kerugian negara. Apalagi bertindak melawan hukum,” tegasnya.

Sebelumnya Pengadilan Negeri (PN) Makassar melalui putusan perdata dengan nomor 250/PDT.6/2017/PN.MKS sudah melemahkan tuntutan JPU atas penyewaan gedung PWI. Meski memenangkan sidang perdata, kepolisian tetap melanjutkan kasus tersebut ke ranah pengadilan tipikor.

Penyidik Polda Sulsel melimpahkan kasus pria yang akrab disapa Zugito itu dengan temuan kerugian negara Rp1.634.396.336 alias Rp1,6 miliar berdasarkan perhitungan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulsel.

Hanya saja, temuan penyidik Polda Sulsel yang menjadi dasar dakwaan JPU dinilai tidak bisa dibuktikan. Tidak terbuktinya dakwaan JPU selama persidangan menjadi alasan dijatuhkannya vonis bebas untuk terdakwa, Zulkifli Gani Ottoh.

Vonis bebas ini membuat JPU mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung. Gugatan itu teregister dengan nomor 3903 K/PID. SUS/2019. Laporan masuk pada 17 Oktober. Sebulan kemudian MA menolak kasasi JPU pada 20 November 2019. Kemarin, direktori putusan itu dipublis di web mahkamah agung.

Zukifli Gani Ottoh selaku terdakwa bersyukur atas putusan tersebut. “Kebenaran hanya milik Allah SWT. Dan kebenaran itu sudah terungkap dengan terang benderang,” pungkasnya. (*)

Komentar