oleh

Jokowi Minta Bantuan Ventilator ke Amerika, Donald Trump : Kami Akan Kirimkan

Editor : Ashar Abdullah-Headline, Metro, Pemerintahan-

BACAPESAN.COM – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, pada Jumat (24/4) malam mengatakan siap menyediakan dan mengirimkan ventilator untuk Indonesia. Ventilator saat ini memang sangat dibutuhkan untuk menangani pasien positif Covid-19.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Trump lewat akun Twitter resmi miliknya, @realDonaldTrump. Trump mengatakan di Twitter tertanggal 24 April 2020 atau Jumat kemarin. Dalam bahasa Indonesia, cuitan Trump berbunyi: “Baru saja berbicara dengan teman saya, Presiden Joko Widodo dari Republik Indonesia. Meminta ventilator, yang akan kami sediakan. Kerja sama yang baik di antara kami”.

Tangkapan layar cuitan Donald Trump di akun Twitter resmi miliknya bahwa AS akan menyediakan dan mengirimkan ventilator untuk Indonesia (Twitter Donald Trump)
Ternyata tak hanya Indonesia saja yang akan dikirimi ventilator oleh Trump. Dalam beberapa cuitannya di Twitter, Trump menyampaikan telah berbincang dengan sejumlah pemimpin negara lainnya seperti Presiden El Savador Nayib Bukele, Presiden Honduras Juan Orlando Hernandez, serta Presiden Ekuador Lenin Moreno. Kepada mereka, Trump berjanji akan memberikan bantuan ventilator.

Prioritas adalah Ekuador karena negara di Amerika Latin ini sangat terpukul akibat pandemi Covid-19. Maklum saja, sistem kesehatan di Ekuador kurang begitu baik. Sampai-sampai kondisi miris terjadi. Karena rumah sakit tak lagi mampu menampung, banyak jenazah pasien Covid-19 yang diletakkan di jalan menunggu antrean pemakaman.

Sementara itu, kepada Honduras, Trump mengatakan telah berbicara dengan Presiden Hernandez. Dia menyebut akan memberikan bantuan lain, tak hanya ventilator. Honduras sendiri tengah mencari bantuan untuk mendapatkan keringanan utang untuk negara-negara miskin serta mencari bantuan dari Bank Dunia dan Inter-American Development Bank.

Hal sama juga akan dilakukan Trump untuk El Salvador. Demikian seperti yang dilansir dari US News. Trump akan mengirimkan ventilator ke El Salvador. Trump juga memuji Honduras dan El Salvador yang telah membantu banyak AS dalam mengekang imigran gelap. (*)

Komentar