oleh

Pemkot Makassar Cabut Izin Usaha Toko Alaska, Ini Sebabnya

Ashar Abdullah and Ratih-Bisnis, Ekobis, Headline, Metro, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Salah satu tempat usaha yakni Toko Alaska, di Jalan Pengayoman melakukan kecurangan perihal perpanjangan izin usaha, namun menambahkan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) untuk perdagangan besar termasuk makanan dan minuman pada saat 20 April lalu toko ini melakukan perpanjangan izin usaha ke Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Makassar.

Padahal, Toko Alaska selama hanya menjual berbagai peralatan elektronik dan furniture. Karena ingin cari aman di masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), toko ini mendalih menjual makanan dan minuman,

Kepala DPM-PTSP Kota Makassar, Andi Bukti Djufri mengakui pihaknya tidak memeriksa secara detail pada saat perpanjangan izin usaha beberapa waktu lalu.

“Alaska ini memang perpanjang izinnya yang sudah ada. Namun demikian karena akalan-akalan Alaska dia mau menambah KBLI atau bidang usahanya untuk perdagangan besar yang masuk disitu makanan dan minuman,” ujar Bukti, Minggu (26/4/2020).

Bukti menjelaskan, di tengah pendemi Corona Virus Disease (Covid-19), pihak alaska melakukan akal-akalan untuk menambah bidang usaha makanan dan minuman. Hal inilah yang membuat Pemkot mencabut izin usaha perdagangan besar Toko Alaska dan mengembalikan izin usaha semula.

“Dalam kondisi begini dia (Toko Alaska) mau akal-akalan untuk menambah bidang usaha. Makanya kami tarik cabut izin untuk perdagangan besarnya. Itupun kita sudah cabut dan kita kembalikan izinnya yang semula yang elektronik, kemudian bidang usaha pecah belah-nya,” jelasnya. (*)

 

Komentar