oleh

Tekan Covid-19 Dilingkungan Kerja, PT Vale Terapkan WFH dan Masifkan Koordinasi dan Pemda

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Hikmah-Bisnis, Ekobis-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Ditengah pandemi corona PT Vale mengambil langkah sigap untuk mengurangi paparan virus tersebut, Rabu (29/04/2020)

Salah satu langkah yang diambil untuk mengurangi paparan dan interaksi antar pekerja, PT Vale menerapkan kebijakan Bekerja dari Rumah (Work from Home) untuk sebagian karyawan dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dalam jaringan.

“Bagi pekerja yang diperlukan untuk tetap bekerja di area operasi, Perusahaan memberikan dukungan berupa penyediaan fasillitas alat pelindung diri, pemeriksaan suhu tubuh, penerapan physical distancing, desinfeksi area dan peralatan kerja, serta dukungan berupa penyediaan makanan dan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh para pekerja,” kata Deputy CEO PT Vale, Febriany Eddy.

Saat ini, kata Eddy, PT Vale juga berupaya mengurangi paparan terhadap karyawan, kontraktor dan keluarga dengan meniadakan atau meminimalisir perjalanan bisnis, operasional Bandara Khusus Sorowako, serta menutup sementara sekolah dan fasilitas umum yang dikelola Perusahaan.

“PT Vale terus melakukan koordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 di tingkat provinsi, kabupaten hingga kecamatan di area operasional Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara sebagai bentuk dukungan bagi pemangku kebijakan dalam penanggulangan corona,” tuturnya.

Di Sorowako, rumah sakit milik PT Vale menyiapkan bangsal khusus perawatan dan isolasi bagi pasien terkait Covid-19, termasuk menyiapkan tambahan tenaga medis. Secara bertahap dan regular, Perusahaan mendistribusikan bantuan kepada pemerintah provinsi dan kabupaten melalui GTPP Covid-19 berupa alat pelindung diri, peralatan kesehatan untuk kebutuhan Rumah Sakit maupun Puskesmas, termasuk tenaga medis, serta beragam logistik untuk aktivitas pencegahan dan penanganan pandemi.

“Selain bantuan alat kesehatan berupa tempat tidur rumah sakit, ventilator, thermo gun dan beragam APD yang telah diberikan, PT Vale saat ini juga sedang memesan rapid test kit untuk membantu mengidentifikasi potensi Covid terutama di area operasi perusahaan. Apabila alat ini sudah tiba, Perusahaan akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan gugus tugas,” imbuh Febriany.

Selain itu, PT Vale juga berkolaborasi dengan pemerintah daerah, aparat kecamatan, aparat desa,pemuka masyarakat dan tokoh agama melakukan sejumlah kampanye untuk sosialisasi dan edukasi pencegahan penyebaran Corona kepada masyarakat di Blok Sorowako, Sulawesi Selatan.

Komentar