oleh

Kapolri Lakukan Mutasi : Sejumlah Kapolda Diganti, Ini Daftar Lengkapnya

Editor : Ashar Abdullah-Headline, Hukum, Institusi-

JAKARTA, BACAESAN.COM – Kapolri Jenderal Idham Azis melakukan rotasi untuk posisi pejabat teras Mabes Polri dan sejumlah kapolda.

Hal ini tertuang dalam telegram dengan nomor ST 1377 dan ST 1378 KEP 2020 yang ditandatangani Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono.

Dalam telegram itu, terdapat sejumlah nama yang kebagian rotasi ke jabatan strategis. Di antaranya Irjen Boy Rafli Amar selaku Wakalemdiklat Polri dipromosi menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Dengan jabatan baru tersebut, mantan Kapolda Papua itu bakal naik pangkat menjadi komisaris jenderal (komjen).

Bersamaan dengan itu, Komjen Suhardi Alius yang kini menjabat sebagai Kepala BNPT dimutasi menjadi Analisis Kebijakan Utama Bareskrim Polri.

Kemudian, ada Kapolda Kepuluan Riau Irjen Andap Budhi Revianto dimutasi menjadi Irjen Kemenkum HAM.

Posisinya digantikan oleh Irjen Aris Budiman, yang merupakan Ketua STIK Lemdiklat Polri sekaligus mantan Direktur Penyidikan (Dirdik) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Selanjutnya, ada Irwasum Polri Komjen Moechgiyarto dimutasikan menjadi Analisis Kebijakan Utama Baharkam Polri.

Posisinya digantikan Komjen Agung Budi Maryoto yang saat ini menjabat sebagai Kabaintelkam Polri.

Untuk posisi Kabaintelkam yang ditinggalkan Agung, bakal diisi oleh Irjen Rycko Amelza Dahniel yang kini masih menduduki kuris Kapolda Jawa Tengah.

Brigjen Ahmad Lutfhi yang menjabat Wakapolda Jateng bakal naik mengisi posisi Kapolda Jateng.

Kapolri Idham Azis juga merotasi posisi Kapolda Jawa Timur yang kini dijabat oleh Irjen Luki Hermawan.

Idham pun menunjuk Irjen Mohammad Fadil Imran sebagai Kapolda Jatim. Sementara Luki dimutasi menjadi Wakalemdiklat Polri.

Lalu As SDM Kapolri Irjen Eko Indra Heri diangkat menjadi Kapolda Sumatera Selatan. Dia menggantikan Irjen Priyo Widiyanto yang dipromosi menjadi Sahlisosbud Kapolri.

Komentar