oleh

Jumlah Pasien Positif Covid-19 di Makassar Meningkat

Editor : Ashar Abdullah-Headline, Kesehatan, Metro, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Jumlah kasus positif coronavirus disease (COVID-19) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, hingga 7 Mei 2020 bertambah 14 orang. Dengan penambahan ini total ada 454 kasus, sedangkan data kemarin tercatat 440 kasus.

“Ada penambahan jumlah kasus dari hasil tracking pasien yang positif COVID-19,” ucap Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Makassar, M Iqbal S Suhaeb, Kamis (7/5).

Dikatakan, kendati terjadi penambahan, namun bila dilihat angkanya untuk peningkatan jumlah orang terpapar sebelum pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jauh lebih besar dari saat ini.

“Setelah itu (PSBB) sudah menurun demikian pula angka kematian. Angka kematian sudah menurun dari delapan persen menjadi enam persen. Angka kesembuhan sudah sangat tinggi diatas 80 persen. PSBB sangat efektif dalam mengurangi penularan COVID,” paparnya.

Mengenai dengan pelanggaran selama akhir pelaksanaan PSBB tahap pertama, Pejabat (Pj) Wali Kota Makassar ini menambahkan, tetap saja ada pelanggaran.

“Tetapi bila bicara soal keberhasilan kepatuhan masyarakat sudah 90 persen, selebihnya satu, dua, yang tidak patuh dan kini berproses hukum,” tambahnya.

Ditanyakan soal masih banyaknya orang berkeliaran di tempat keramaian, seperti pasar tradisional dan lainnya di ruang publik, apakah ada rencana melaksanakan rapid tes massal, kata dia, segera dilakukan pada pelaksanaan PSBB tahap dua ini.

“Kalau ada permintaan dan itu diperlukan kami akan laksanakan termasuk di pasar dan area publik. Ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19,” beber dia.

Rencananya, perpanjangan PSBB tahap kedua untuk Kota Makassar berlaku 14 hari mulai 8 Mei-22 Mei 2020. Draf Surat Keputusan tersebut bernomor 1153/360/tahun 2020 tentang Penetapan Perpanjangan Pemberlakuan Pelaksanaan PSBB Kota Makassar, Sulawesi Selatan, yang segera diteken Pj Wali Kota M Iqbal Suhaeb.

Data pemantauan perkembangan COVID-19 melalui situs infocorona.makassar.go.id, Kamis, 7 Mei 2020, tercatat mengalami peningkatan 14 kasus. Jumlah data pada Selasa, 5 Mei, 2020 sebanyak 440 kasus positif, dan hari ini mencapai 454 positif

Dari jumlah 454 kasus itu, 235 orang masih dirawat, 185 orang sembuh dan 34 orang meninggal. Sedangkan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 464 kasus, 177 masih dirawat, 222 sehat dan pulang, meninggal dunia 68 orang. Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) masih dipantau 101 orang dan 881 orang selesai dipantau. (antara/jpnn)

Komentar