oleh

Disnaker Makassar : Pembayaran THR Karyawan Bisa Dicicil

Editor : Ashar Abdullah-Metro, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar menyebutkan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) bagi karyawan bisa dilakukan dengan cara dicicil. Sebab, THR merupakan hal yang wajib diberikan lantaran perintah undang-undang.

Kepala Disnaker Kota Makassar, Irwan Bangsawan menyampaikan, pihaknya mencatat ada ribuan karyawan dirumahkan akibat pandemi covid-19. Meski begitu, tidak ada alasan perusahaan tidak memberikan THR di momen lebaran ini.

“Perusahaan yang terdampak covid-19 ini boleh membayarkan dengan dicicil alias berangsur. Bisa dua kali atau tiga kali, sesuai kesepakatan antara perusahaan dan karyawan,” beber Irwan Bangsawan, Jumat (8/5).

Irwan mengusulkan agar pemberian THR karyawan diprioritaskan kepada mereka yang berstatus dirumahkan. Sebab, karyawan ini yang dinilai paling berdampak akibat wabah covid-19.

“Tapi kalau ada perusahaan yang ingin menangguhkan THR, boleh melapor ke Disnaker untuk konsultasi,” katanya.

Sebab, sambung Irwan, ada sanksi tegas sesuai UU Ketenagakerjaan nomor 13 tahun 2003. Dimana, sanksinya mulai administrasi, kemudian sanksi denda perusahaan, ketiga sanksi pembekuan usaha. “Tindakan tegas pemerintah itu ada yang sampai pencabutan izin usaha,” tegasnya.(*)

Komentar