oleh

Indonesia Tertinggi Kedua se-ASEAN Penyebaran Covid-19

Editor : Ashar Abdullah-Headline, Metro, Pemerintahan-

JAKARTA, BACAPESAN.COM – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan bahwa Indonesia memimpin penyebaran tertinggi kedua se-ASEAN. Di mana posisi pertama ditempati Singapura.

“Untuk kawasan ASEAN, Indonesia menjadi negara dengan jumlah kasus tertinggi kedua setelah Singapura, diikuti Filipina. Namun dibandingkan jumlah penduduk, angka ini tidak terlalu istimewa,” kata Muhadjir melalui telekonferensi, Jumat (8/5).

Dia melanjutkan, pertumbuhan Indonesia saat ini berjumlah 12.776 positif virus Corona, 2.381 sembuh dan 930 meninggal dunia per Kamis (7/5). Angka itu menunjukkan bahwa Indonesia tidak mengalami pertumbuhan eksponensial ekstrem yang selama ini diprediksi.

“Kita bersyukur, angka kasus kita rata-rata masih relatif rendah. Kasus per hari masih di bawah 500. Kesembuhan sudah mendekati 300 per hari, dan angka kematian landai tidak ada penambahan drastis,” kata dia.

Sementara, kata dia, Singapura pernah mencapai 1.400 positif virus Corona per hari. Sedangkan Indonesia lebih moderat dibanding negara-negara di Eropa dan Amerika Utara, Indonesia juga tergolong rendah.

“Semua ini jadi dasar pemerintah membuat perhitungan skenario penanganan Covid. Semuanya landai-landai dan mudah-mudahan terus berlangsung dan semakin turun sehingga penanganan Covid bisa segera rampung,” kata dia.(/jpnn)

Komentar