oleh

KPPU Soroti Program Kartu Prakerja

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Hikmah-Bisnis, Ekobis, Headline-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Komisi Pengawas dan Persaingan Usaha (KPPU) Republik Indonesia menyoroti program kartu prakerja milik pemerintah Indonesia yang ditenggarai berpihak pada platform digital tertentu.

Adanya delapan lembaga pelatihan tertentu seperti Tokopedia, Ruangguru, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Pijar Mahir, dan pelatihan.kemnaker.go.id yang dipilih sebagai platform bekerjasama dengan program kartu prakerja yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi ditenggarai memicu persaingan tidak sehat.

Menurut Komisioner KPPU RI, Guntur Syaragih tugas dari platform digital hanya menjembatani lembaga pelatihan menawarkan produk-produknya kepada peserta program Kartu Prakerja, bukan malah menghambat lembaga pelatihan lain untuk memasarkan produknya ke masyarakat.

“Makanya KPPU mendorong lembaga pelatihan untuk masuk atau bekerja sama dengan semua platform digital. Jadi platform digital tidak bisa menghambat mereka (lembaga pelatihan) masuk ke pasar,” katanya, Senin (11/05/2020).

Jika terdapat diskriminasi platform digital lainnya, lanjut Guntur, maka pihaknya akan menindaklanjuti hal tersebut ke ketahap penyelidikan.

“Kami masih menyelusuri platform digital tertentu yang tergabung dalam Program Kartu Prakerja, kalau misal ada diskriminasi maka kami akan tindak lanjuti dan masuk bahan penyelidikan,” jelasnya. (*)

Komentar