oleh

Warga Makassar Diimbau Salat Ied Dirumah Saja

Editor : Ashar Abdullah-Headline, Metro, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menetapkan keputusan perihal salat Idul Fitri. Masyarakat diminta untuk melakukan salat dirumah masing-masing, itu berdasarkan hasil rapat Gubernur dengan kepala daerah di Sulsel.

Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Prof Yusran Jusuf, mengatakan, pemerintah telah mengambil keputusan terkait pelaksanaan salat Ied. Dimana, pihaknya meminta agar masyarakat melaksanakan ibadah salat Ied dirumah masing-masing.

“Kami tetap menyampaikan bahwa imbauan pemerintah agar melaksanakan salat idul fitri di rumah masing-masing,” ucap Prof Yusran Jusuf, Selasa (19/5).

Namun, sambung Prof Yusran—sapaan akrabnya, pihaknya juga tidak melarang bila ada warga yang ingin melaksanakan salat Idul Fitri di masjid. Hanya saja, pelaksanaan tersebut harus menerapkan protokol kesehatan yang telah ditentukan.

Pemerintah mulai dari level lurah bersama jajaran pengurus mesjid menurut Yusran mesti bersinergi dan bertanggung jawab guna memastikan warga yang melaksanakan salat ied di masjid betul-betul aman dari penyebaran Covid-19.

“Tim gugus tugas harus datang sehari sebelum pelaksanaan dan pada saat pelaksanaan salat Ied untuk melakukan scanning, melakukan pengaturan sehingga protokol kesehatan benar-benar diterapkan,” bebernya.

Karenanya, kata Prof Yusran, masjid-masjid yang akan digunakan tempat salat Ied, itu harus dilengkapi dengan tempat cuci tangan, pendeteksi suhu tubuh, dan jemaahnya wajib mengenakan masker. (*)

Komentar