oleh

IGI Sulsel Gelar Seminar Menjaga Indonesia Dari Rumah

Editor : Ashar Abdullah-Edukasi, Kampus, Sekolah-

BACAPESAN.COM – Dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional 2020 IGI Sulsel mengelar seminar melalui vicom yang mengusung tema “Menjaga Indonesia dari Rumah” menghadirkan pemateri Kepala staf Kepresidenan RI Jend TNI (Purn) Dr.Moeldoko, S.IP. Dekan FH Unhas Prof.Dr. Farida Patittingi SH. MH., Ketum IGI MRR, juga berkesempatan hadir Menteri Pertanian Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH. MH, Kamis (21/5).

Ketua IGI Sulsel, Abdul Wahid Nara dipercaya memandu acara, host H.Anshar Syukur, dan nara hubung Bagus Sudibyo yang dihadiri hampir 800 perserta melalui zoom dan ratusan melalui siaran lansung you tube.

Moeldoko pada kesempatan itu memotivasi para guru agar terus menjadi garda terdepan mewujudkan Indonesi Maju dengan menyiapkan generasi pelajar yang memiliki karakter yang baik, melakukan transfer ilmu agar siswa memiliki kemampuan yang siap menghadapi tantangan, serta kesiapan keterampilan yang dibutuhkan sesuai kondisi.

“Berbagai negara didunia dipaksa untuk melakukan pembelajaran jarak jauh, termasuk Indonesia guru guru Indonesia harus siap menghadapi kondisi ini, melalui pembelajaran dari rumah. Termasuk organisasi profesi IGI, mesti terlibat menyiapkan anggotanya dalam hal kemampuan mengajar jarak jauh,” ungkapnya.

Hal senada diungkapkan, Menteri Pertanian,Syahrul Yasin Limpo yang ikut memberi motivasi kepada guru agar terus bersemangat melakukan tranfer ilmu meskipun kondisi yang meminta untuk mengajar dirumah.

“IGI telah lama menyiapkan guru yang bisa ,menguasai IT, sejak saya masih gubernur di Sulsel, IGI sudah sering melakukan kegiatan yang mendorong guru menguasai penggunaan teknologi. Kita harap guru melahirkan siswa yang kritis, inovatif, berkarakter serta berbagai kompetensi lainnya yang harus dimiliki siswa” jelasnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum Unhas, Prof Dr Farida Patittingi mengupas tentang pentingnya karakter dalam menyiapkan generasi pelanjut, dan itu harus dimulai dari rumah. “Peran orang tua dalam membentuk karakter anak sangat penting, sehingga sebelum ditangani guru, siswa sudah memiliki karakter yang baik. Apalagi kondisi saat ini membuat pertemuan orang tua dan anaknya lebih banyak berinteraksi dirumah, sehingga kesempatan ini mesti dipergunakan dengan baik dalam membentuk karakter serta bertindak menjadi guru dirumah,” ucapnya. (*)

Komentar