oleh

ASN Diwajibkan Ikut Webinar Diperingatan Hari Lahir Pancasila

Editor : Lukman Maddu, Penulis : Al Amin-Metro, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Memperingati Hari Lahir Pancasila, Senin, 1 Juni 2020 mendatang, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) diwajibkan mengikuti Website Seminar (Webinar).  Agenda aksi ini, dilaksanakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Plt Deputi RB Kunwas, Jufri Rahman, dipercaya sebagai Ketua Panitia Hari Lahir Pancasila yang dirangkaikan dengan Juni Bulan Bung Karno di lingkup Kemenpan RB bersama panitia. Staf Khusus Menteri, Brigjen Pol. Rakhmad Setiadi dan Kombes Pol Tony Surya Putra juga ambil bagian untuk menyukseskan seluruh rangkaian kegiatan yang digelar.

Jufri menjelaskan berdasarkan Surat Edaran Kepala BPIP Nomor 4 Tahun 2020 tentang Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020, ditetapkan tema tahun ini adalah Pancasila dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju.

Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan, menurut mantan Kepala Bappeda Provinsi Sulsel itu diantaranya pemasangan baligho besar pada beberapa titik dan penayangan cuplikan film dokumenter di videotron Jakarta, Kota Sabang, Makassar, Manado dan Merauke.

“Kami akan memasang standing banner dan banner yang berisi kalimat bijak para tokoh tentang Pancasila,” ungkap Jufri, Kamis (28/5).

Puncak kegiatan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2020 akan dilaksanakan upacara secara online. Presiden Jokowi akan bertindak sebagai inspektur upacara yang dihadiri Menteri PAN RB bersama pejabat eselon I dan II lingkup Kemenpan RB sebagai peserta upacara.

Setelah upacara, kata Jufri, Menpan RB akan membagikan masker merah putih bergambar silhoutte burung garuda kepada para pengendara di perempatan lampu merah depan kantor Kemenpan RB. Aksi ini secara serentak juga dilakukan di empat titik pada kawasan silang Monas.

Selanjutnya, pada 8 Juni 2020, akan diselenggarakan webinar bertema
Pancasila dalam Tindakan Gotong Royong Melawan Covid-19 dengan Keynote speech Menteri PAN RB dan narasumber Kepala BPIP, Yudian wahyudi, Sejarawan Asvi Warman Adam, dan Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah. Webinar akan dipandu moderator Brigjen Pol Rakhmad Setiyadi.

“Webinar ini akan diikuti oleh ASN dari seluruh Indonesia bahkan ASN yang sedang tugas di luar negeri,” ungkap Jufri.

Menpan RB, Tjahjo Kumolo ketika memberikan arahan kepada panitia Hari Lahir Pancasila menjelaskan, untuk peringatan Bulan Bung Karno telah dilakukan sejak tahun 2010, dan akan berlangsung terus guna melanjutkan ide, gagasan, pemikiran, cita-cita, dan perjuangan Bung Karno, Proklamator, dan Bapak Bangsa Indonesia.

Peringatan Bulan Bung Karno di tengah Covid-19 untuk menggelorakan semangat berdiri di atas kaki sendiri. Dari pandemi ini bangsa Indonesia diingatkan bagaimana setidaknya Indonesia harus berdikari sekurang-kurangnya di bidang pangan, kesehatan, energi, keuangan, pertahanan, dan keamanan.

Seluruh rangkaian kegiatan peringatan Harlah Pancasila dan Juni bulan bung karno akan diakhiri dengan acara Bakti sosial dan kunjungan ke beberapa panti asuhan dan panti werdha sebagai aktualisasi sila kedua dan sila kelima Pancasila. (*)

Komentar