oleh

Pertengahan Juni, PPDB di Parepare Kini Dilakukan Satu Pintu Berbasis Online

Editor : Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Parepare kini dilakukan satu pintu melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Hal itu merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 44 tahun 2020 tentang PPDB pada TK, SD, SMP, maupun tingkat SMA/SMK atau sederajat.
 
Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare, Arifuddin Idris mengemukakan pelaksanaan PPDB satu pintu berbasis online ini dilakukan untuk menhindari kerumunan sebagai upaya pencegahan virus Corona.
 
“Kementerian menghimbau kepada seluruh sekolah untuk menerapkan penerimaan siswa baru secara online dan satu pintu  demi menghindari interaktif secara personal,” urai Arif, sapaan mantan Kepala Bidang Pendidikan Dasar ini, Sabtu, (30/5/2020).
 
Selain alasan dan pertimbangan itu, Arif mengulas, jika pelaksanaan PPDB satu pintu tersebut, baik di tingkat TK, SD, dan SMP yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parepare dilakukan untuk mempermudah akses pelayanan pendidikan di saat pandemi Covid-19. “PPDB dnegan cara ini, juga sesuai dengan pertimbangan transparansi dan akuntanbilitas,” kata Arif.
 
Mengenai jadwal PPDB, pihaknya telah melayangkan surat edaran tentang pelaksanaan PPDB tahun pelajaran 2020/2021 di setiap sekolah.
 
Di dalam surat edaran itu, jadwal pelaksanaan PPDB online tingkat TK dilakukan 28 Mei hingga jadwal pengumuman 11 Juli yang dapat diakses pada link ppdb-tk.pareparekota.biz.id sedangkan SD dibuka 22-27 Juni melalui ppdb-sd.pareparekota.biz.id, dan SMP dilakukan 22-30 Juni di ppdb-smp.pareparekota.biz.id.
 
“Proses seleksi kita kembalikan ke sekolah masing-masing,” timpal Arif, Plt yang juga Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parepare ini.  
 
Sebelumnya, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe menekankan segala aktivitas dilakukan dengan memerhatikan protokol kesehatan demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19, salah satunya, dengan menerapkan PPDB secara online di semua jenjang pendidikan.
(***)

Komentar