oleh

BMKG: Peralihan Musim, Beberapa Wilayah Masih Berpotensi Hujan Lokal

Editor : Ashar Abdullah-Headline, Metro, Peristiwa-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Beberapa hari terakhir Sulawesi Selatan masih diguyur hujan yang bahkan mengakibatkan banjir di beberapa ruas jalan protokol salah satunya Jalan AP Pettarani dan mengakibatkan beberapa kendaraan harus berhati hati agar kendaraannya tidak mogok.

Berdasarkan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) yang menyatakan pada bulan Meiterjadi peralihan musim yaitu musim kemarau sehingga dampaknya sangat terasa di tengah tengah masyarakat seperti cuaca yang cukup panas atau gerah.

Meskipun begitu Prakirawan Cuaca BMKG Wilayah IV Makassar, Rizky Yudha menuturkan intensitas hujan lokal masih terjadi di beberapa wilayah di Sulawesi Selatan.

“Tepatnya hujan lokal, maksudnya hujan yang wilayahnya sangat sempit atau lokal ya misal tempat kita hujan tapi bisa saja 2 km dari posisi kita itu cerah,” ucapnya pada Fajar.co.id

Ia menekankan kejadian tersebut bukan fenomena alam seperti puting beliung dan lain sebagainya. Rizky menambahkan hujan lokal diprediksi akan terjadi pada siang dan sore hari.

Sementara itu saat dikonfirmasi terkait prakiraan cuaca, Senin (1/06/2020) ia membeberkan pada pagi hari cerah berawan berpotensi hujan ringan di wilayah Selayar, Sinjai, Bulukumba.

“Siang atau sore hari cerah berawan berpotensi hujan ringan di wilayah Sengkang, Sinjai, Masamba, Sidrap, Pinrang, Pare-pare, Enrekang, Malili, Bulukumba, Selayar, Bantaeng, Sebagian wilayah Gowa, Maros, Barru dan Makassar sementara pada malam hari berawan berpotensi hujan ringan di wilayah Sinjai, Rantaepao, Makale, Masamba, Malili, Enrekang, Palopo, Belopa. Kemudian dini hari berawan berpotensi hujan ringan di wilayah Sengkang, Watampone, Sinjai, Bulukumba, Bantaeng, Selayar,” tutup Rizky.

Selain itu untuk peringatan dini diketahui Moderate Sea (Gel. 1.25-2.5 m) terjadi di Selat Makassar bagian selatan, Perairan Spermonde Makassar bagian barat, Perairan barat Kepulauan Selayar, Perairan Sabalana, Teluk Bone bagian utara, Teluk Bone bagian selatan, Perairan timur Kepulauan Selayar, Laut Flores bagian utara, Perairan P. Bonerate – Kalaotoa bagian utara dan Laut Flores bagian timur. (/fajar)

Komentar