oleh

Kasus Pertama, Warga Torut Terkonfirmasi Positif Covid-19

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Cherly-Daerah, Headline, Toraja Utara-

TORAJA UTARA, BACAPESAN.COM – Belum lama ini Toraja Utara (Torut) masuk 102 kabupaten di Indonesia yang nol pasien yang terjangkit virus corona. Tetapi hal itu tidak terjadi lagi, Minggu, (31/5/2020) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Torut gelar konferensi pers terkait pasien 01 terkonfirmasi positif Covid-19.

Letua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Torut, Kalatiku Paembonan menjelaskan, pasien 01 tersebut merupakan mahasiswa Teologia di Tangerang dengan status Orang Tanpa Gejalah (OTG). Pada rapid test 28 Mei lalu hasilnya reaktif kemudian dikirim ke Balai Besar Laboratorium Dinas Kesehatan Sulsel dan telah keluar hasil swab terkonfirmasi positif Covid-19.

“Kita kecolongan karena pasien tersebut sebelumnya tidak melaporkan bahwa dirinya telah melakukan perjalanan ke luar daerah. Kami berharap ini menjadi pembelajaran bagi kita semua kedepan, bahwa jika ada yang melakukan perjalan ke luar daerah atau datang dari luar daerah agar melaporkan kepada petugas yang ada agar secepatnya ditindaklanjuti,” ungkapnya.

Kalatiku menambahkan, pasien 01 ini langsung dibawah ke Makassar untuk mengikuti program Pemprov Sulsel yaitu wisata Covid-19.

“Dengan adanya pasien positif Covid-19, maka diimbau masyarakat Torut tetap tenang dan menjaga pola hidup sehat untuk meningkatkan imun tubuh serta tetap selalu menerapkan protokol kesehatan yaitu physical distancing (menjaga jarak), rajin mencuci tangan menggunakan sabun, menggunakan masker saat keluar rumah dan tidak berkerumun,” pungkas Kalatiku. (*)

Komentar