oleh

Bantu Pemkot Parepare Perangi Covid-19, Tim Medis RS dr Sumantri Ajak Pasien Positif dan PDP Senam Bersama

Editor : Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

BACAPESAN.COM – Tim medis Rumah Sakit (RS) dr Sumantri Kota Parepare melakukan senam bersama para pasien Covid-19, Selasa (2/6/2020). Senam bersama itu dipandu oleh tim medis di Halaman depan kamar perawatan.

Kepala Rumah Sakit dr Rs Sumantri, Mayor drg Hengki Yudhana, mengatakan, program senam itu tidak hanya untuk pasien positif ataupun Pasien dalam pengawasan (PDP) covid-19, akan tetapi juga melibatkan tim medis yang merawat pasien covid-19 itu, serta perawat lainnya di RS milik TNI AD itu.

“Hari ini, kita bersama pasien covid-19 dan tim medis melakukan senam bersama dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu jaga jarak, kita pisahkan tim medis dan pasien, tim medis yang memandu gerakan pun menggunakan APD baju hazmat lengkap dengan masker dan sarung tangan,” ujarnya.

Dijelaskan Hengki, pasien covid-19 juga harus mendapatkan pelayanan yang baik, tidak boleh dikucilkan. Kata dia, pasien yang diserang virus corona itu bukan aib, penyakit itu adalah infeksi jadi tidak mesti menjauhi mereka.

“Selain diberikan layanan perawatan di ruang isolasi, program senam juga ini kita berikan untuk meningkatkan imunitas. Mereka lama dirawat di ruang isolasi, jadi dengan menggerakkan tubuh, juga dapat meningkatkan imunitas para pasien covid-19, begitu pun tim medis yang merawatnya,” jelasnya

Pelaksanaan program senam itu kata Hengki lagi, akan rutin dilakukan dua kali dalam seminggu, yaitu setiap hari selasa dan kamis.

Selama pandemi covid-19, Rs Sumantri telah merawat pasien covid-19 sebanyak 35 orang, lima pasien positif, 30 merupakan PDP. Meskipun bukan RS Rujukan, namun RS Sumantri merupakan RS. Penyangga untuk turut membantu pemerintah dalam menangani pasien Covid-19.

“Saat ini, masih ada dua pasien positif, dan lima PDP yang dirawat, semoga bisa segera kembali sehat dan bisa diterima di masyarakat lagi,” harap Hengki.

Sebelumnya, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, juga mewakili Pemerintah Kota dan masyarakat, menyampaikan terima kasih, serta mengapresiasi kerja keras semua pihak, terkhusus untuk seluruh para tim medis covid-19.

“Mari mendoakan mereka untuk tetap sehat , serta ikut membantu mereka dengan cara tetap di rumah dan tetap menerapkan protokol pencegahan Covid -19, ” tandas Taufan Pawe, yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.
(***)

Komentar