oleh

Hadiri Acara Pesta Panen, Kartini Lolo Bagikan Hadiah Bagi Peserta Pappadendang

Editor : Kalmasyari-Berita, Daerah, Pinrang-

PINRANG, BACAPESAN.COM – Mappadendang yang merupakan budaya warga Desa Malimpung, Kecamatan Patampanua, Kabupaten Pinrang, dalam merayakan pesta panen padi yang digelar pada Senin 1 Juni 2020 yang bertepatan pada hari lahir Pancasila.

Acara tersebut turut dihadiri anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Selatan, Hj Kartini Lolo, yang merupakan tokoh perempuan asal Kabupaten Pinrang yang berhasil duduk di DPRD Provinsi Sulsel melalui Partai PDIP.

Kehadirannya juga disambut antusias dari sejumlah masyarakat Desa Malimpung yang turut serta dalam meramaikan acara Mappadendang yang digelar bersama dengan warga Desa. Pada kesempatan itu juga dirinya menyediakan hadiah dan membagikan hand sanitizer kepada para peserta Pappadendang (warga yang membunyikn alat Mappadendang), bahkan bukan hnya itu dirinya juga ikut membunyikan alat tersebut bersama dengan para peserta yang terlatih dalam permainan tersebut.

Selain kehadiran Anggota DPRD Provinsi Sulsel dari Fraksi PDIP, Hj Kartini Lolo, turut juga hadir dalam acara tersebut, Anggota DPRD Kabupaten Pinrang, Hj Saharia Lolo, yang juga merupakan anggota dari Fraksi PDIP.

Hj Kartini Lolo, mengatakan, pembagian hadiah dan Hand sanitizer tersebut, sebagai bentuk motivasi bagi para peserta Pappadendang ini agar menjadi kekuatan dan juga semangat dalam mempertahankan budaya yang telah dilakukan beberapa puluh tahun yang lalu.

“Kita bangga ditengah zaman modern dan perkembangan tekhnologi saat ini ternyata masih banyak orang yang peduli dengan budaya-budaya pendahulu kita dan termasuk Mappadendang yang hampir telah jarang dilihat saat ini, diapun mengaku bangga dan terharu melihat kreativitas dan juga semangat warga di lokasi itu untuk bermain alat musik tersebut,”katanya.

Kartini, mengaku, jika dirinya juga mengajak kepada seluruh masyarakat Desa dan juga masyarakat adat Desa agar tetap memberikan dukungan dan support kepada para warga, sehingga budaya yang sifatnya demi mempererat silaturahim dan kebersamaan ini tetap dijaga.

“Kami minta semua pihak turut bahu-membahu dan memberikan dukungan dan supportnya untuk kemajuan tradisi tersebut, selama marwahnya demi untuk kepentingan silaturrahim bersama,”urai dia.

Eks Anggota DPRD Kabupaten Pinrang ini juga, mengimbau kepada warga agar tetap mematuhi Protokol Kesehatan yang telah diterapkan Pemerintah, serta bagaimana tetap menjaga diri dan keluarga dengan rajin cuci tangan, baik menggunakan Hand sanitizer atau air mengalir dengan sabun.

“Kita juga minta kepada warga Malimpung dan Seluruh warga Kabupaten Pinrang dan secara umum warga Sulsel, agar bisa mematuhi Protokol kesehatan yang telah ditetapkan Pemerintah, hal ini demi mencegah dan komitmen bersama memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19,”ujarnya.

Terkait Penerapan New Normal, dirinya mengingatkan kepada masyarakat jika kondisi new Normal ini bukanlah kondisi yang sudah normal, tapi bagaimana penerapan New Normal dari Pemerintah ini, kita tetap dianjurkan dan ditekankan untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan dan menjaga lingkungan tetap bersih.

“Kami ingatkan jika new normal ini masih merupakan bagian langkah Pemerintah untuk komitmen memutus mata rantai penyebaran virus Corona, namun bagaimana menjaga stabilitas ekonomi, jadi kondisi ini sesungguhnya belum normal secara utuh, tapi mari kita bersama-sama berdoa agar kita segera menuju ke kondisi tersebut,”pungkasnya.

Sementara Anggota DPRD Kabupaten Pinrang, Hj. Saharia Lolo yang juga anggota Fraksi PDIP, mengatakan, kehadiran dirinya bersama dengan anggota DPRD Provinsi Sulsel dari Partai yang sama itu tidak lepas bukti komitmen untuk saling mendukung dalam hal mendengar dan memperjuangkan aspirasi rakyat.

“Kita sesama Politikus PDIP saling menunjang antara setiap tingkatan Perwakilan Dewan, sehingga jika kemudian di Lapangan ada keluhan warga yang berkaitan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten maka itu langsung kami jembatani Hj Kartini sebagai perwakilan kita ditingkat Provinsi,”ujarnya.

Dia mengaku, selama ini Komunikasi yang baik memang mereka terus jalankan, bahkan selama ini baik melalui internal Partai maupun Komunikasi pribadi terus ditingkatkan demi kepentingan masyarakat Kabupaten Pinrang.

“Saya dengan Ibu Hj Kartini Lolo selama ini selalu berkoordinasi khususnya bantuan Provinsi sasarannya untuk warga Kabupaten Pinrang, serta berbagai kebijakan di Provinsi, maka itulah dibutuhkan sinergitas bersama apalagi satu Partai pasti saling menunjang,”papar Ketua DPC Partai PDIP Pinrang ini.
(***)

Komentar