oleh

Lantik Inspektur dan Perangkatnya, Wali Kota Parepare: APIP Harus Terdepan Menyelamatkan Keuangan Negara

Editor : Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Pada pelantikan dan pengukuhan kembali Inspektur dan sejumlah perangkat-perangkatnya, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengingatkan peran Inspektorat juga sebagai Aparat Pengawasan Intern Pemerintah Daerah (APIP).

Taufan menegaskan, APIP Kota Parepare harus punya peran yang sentral dalam melakukan pengawasan-pengawasan maupun pemantauan-pemantauan terkait penggunaan keuangan negara yang dikelola oleh Pemerintah Daerah.

“APIP ini memang paradigmanya sekarang adalah terdepan dalam pemerintahan untuk bagaimana dia mengawasi, dan bagaimana dia bekerja terhadap ASN yang melakukan penyimpangan-penyimpangan. Nah APIP harus dikedepankan bekerja terlebih dahulu untuk menyelamatkan keuangan negara, baru diserahkan ke penegak hukum, seperti itu aturannya sekarang,”pesan Walikota dua periode ini.

Di samping Perubahan regulasi PP PP No 18 tahun 2016 menjadi PP No.72 tahun 2019 juga ada hal yang sangat faktual, yaitu Kota Parepare APIPnya sudah berada di level 3, dengan kemampuan kerja-kerja pengawasan pendampingan tidak diragukan lagi.

“Saya selaku pimpinan merespon perubahan regulasi tersebut dengan mengukuhkan kembali Inspektur Daerah. Tidak ada tata kelola pemerintah yang tidak berpotensi terjadinya penyimpangan-penyimpangan dan ujung-ujnungnya berpotensi merugikan keuangan negara. Maka Dengan adanya APIP, kita tentu berhrap dia sebagai kawal terdepan melakukan pengawasan dan pemeriksaan sampai penerepan sistim. Jadi jangan anggap remeh Inspektorat sekarang ini,”ujarnya
(***)

Komentar