oleh

Nurdin Abdullah Minta Jangan Puas Diri Soal Menurunnya Kasus Corona di 18 Kabupaten/Kota

Editor : Ashar Abdullah-Headline, Metro, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Penyebaran Covid-19 18 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan mulai dapat dikendalikan. Hal tersebut berdasarkan data Dinas Kesehatan Sulsel yang mencatat 18 daerah diantaranya Bantaeng, Barru, Bone, Gowa, Jeneponto, Selayar, Luwu Timur, Luwu Utara, dan Maros. Selanjutnya, Pangkep, Pinrang, Soppeng, Tana Toraja, Toraja Utara, Wajo, Palopo, Luwu serta Sidrap.

Kendati demikian, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah menegaskan meskipun sejumlah kabupaten di Sulsel angka reproduksi efektif (Rt) Covid-19 sudah di bawah 1, ia menuturkan agar tidak berpuas diri.

“Jadi pandemi covid ini tidak bisa dianggap enteng oleh karena itu ini juga 18 kabupaten masih fluktuatif sehingga yang terpenting sekarang ini adalah protokol kesehatan secara ketat,” ucapnya.

Menurutnya, virus corona yang melanda hampir seluruh negara tidak dapat hilang sebelum vaksin ditemukan, sehingga kata dia protokol kesehatan menjadi acuan dalam menjaga imun tubuh.

“Pakai masker, cuci tangan, jaga jarak dan hindari kerumunan karena covid ini kan tidak hilang selama vaksin belum ditemukan, selama itu juga kita harus hati hati maka kita tidak boleh berpuas diri dengan apa yang telah dicapai,” jelas mantan Bupati Bantaeng itu.

Untuk mencapai kehidupan tatanan baru atau new normal, kata dia harus dibekali dengan sosialisasi protokol kesehatan agar ketika kebijakan itu diterapkan masyarakat mampu melakukan aktivitas seperti biasanya dengan tetap mengikuti anjuran protokol kesehatan terkhusus di wilayah episentrum penyeberan Covid-19 yakni Kota Makassar.

“Kita harapkan supaya rantai penyebaran terutama pusat episentrum penularan ini betul betul kita pastikan bahwa tidak ada penularan dan tidak ada lagi tranamisi lokal,” tutup Nurdin Abdullah. (/fajar)

Komentar