oleh

Persiapan Pilkada Serentak 2020, Sejumlah Dandim Kumpul di Barru

Editor : Lukman Maddu-Barru-

BARRU, BACAPESAN.COM – Kabupaten Barru dipilih Korem TNI 141 Toddopuli sebagai lokasi pelatihan apel kesiapan pengamanan jelang Pilkada serentak 2020 di sejumlah kabupaten/kota di Sulsel.

Selama tiga hari, Korem 141 Toddopuli mengumpulkan sejumlah perwira dari berbagai Kodim di lantai II Bappeda Barru untuk membahas persiapan pengamanan, termasuk menghadapi Pilkade Desember 2020 mendatang.

Komandan Korem (Danrem) 141 Toddopuli, Brigjen TNI Djashar Djamil, hadir langsung memberikan pengarahan yang turut diikuti sejumlah Komandan Kodim (Dandim) dan perwira menengah jajaran TNI itu.

Dalam pengarahannya, perwira tinggi ini menegaskan mengenai pentingnya pelatihan untuk Posko I Pengamanan. Baik untuk terus menjaga suasana kondusif, maupun tugas operasi yang bakal dihadapi kedepannya, seperti pilkada.

“Latihan posko I merupakan salah satu metode taktis dengan tujuan melatih unsur komandan dan staf dalam teknik, prosedur, dan tata kerja yang berlaku dalam satu satuan,” kata Danrem kepada peserta pelatihan

Selain itu, pihaknya menekankan kepada seluruh Dandim yang ada di jajaran Korem 141 agar terus bersinergi dengan pemerintah kabupaten/kota. Termasuk dalam membantu penanganan tugas pemerintah.

“Saya tekankan agar seluruh Dandim jajaran Korem 141 untuk dapat membantu penanganan tugas pemerintah daerah. Kuncinya adalah melakukan sinergitas dan koordinasi terpadu antar aparat, agar semakin kuat. Semakin efektif,” imbaunya.

Sementara itu, Bupati Barru Suardi Saleh yang diberi kesempatan memberikan sambutan, terlebih dahulu menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri, maupun terima kasih dan apresiasinya kepada jajaran Korem 141 yang telah memilih Barru sebagai lokasi pelatihan.

Setelah itu, Suardi Saleh ikut menjelaskan sedikit mengenai pilkada kali ini yang beberapa tahapan dan teknisnya akan berbeda dengan pilkada sebelumnya. Mengingat penyelenggaraan pilkada tahun ini berada di tengah pandemi Corona.

“Pilkada ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Misal rencananya, bukan lagi jari kita yang dimasukkan ke botol tinta, tapi jari kita ditetesi. Demikian juga alat coblos diupayakan satu kali pakai, seperti dengan menggunakan alat tusuk. Setelah itu dapat langsung dibuang,” paparnya.

Dikesempatan ini, Suardi Saleh juga “bernostalgia” dengan beberapa Dandim yang ia kenali saat dirinya masih bertugas sebagai pamong di Pemkab Maros, maupun Pemkab Pinrang.

Begitupun menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada jajaran TNI atas sinergitas yang terjalin selama ini dalam menciptakan suasana yang kondusif, aman dan nyaman.

Sekadar diketahui, kehadiran Danrem di Barru, selain disambut jajaran Dandim, Bupati Barru bersama sejumlah pimpinan Forkopimda ikut hadir. Seperti Ketua DPRD Barru Lukman T, Dandim 1405 Mallusetasi Ali Syahputra Siregar, Kapolres Barru Willy Abdillah, Kepala Kejaksaan Negeri Barru Ardi Suryanto. (Humas Barru)

Komentar