oleh

Pemprov Minta Peran Aktif Pemkab Soal Pembebasan Lahan Kereta Api yang Masih Tersendat

Editor : Ashar Abdullah-Headline, Metro, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Abdul Hayat Gani meminta peran aktif dari semua pihak termasuk Pemerintah Daerah dalam mendukung proyek Kereta Api Makassar-Parepare yang diketahui hingga saat ini masih terkendala masalah pembebasan lahan.

“Jadi saya minta Pemdanya turun aktif. Bupati turun dampingi masyarakatnya dengan kasus-kasus tertentu,” ucapnya.

Ia mengaku saat ini pihaknya telah memastikan untuk izin lokasi tambahan diperbaharui dengan mendorong semua stakeholder yang berurusan masalah tanah, termasuk Balai Perkeretaapian dan peran aktif kepala daerah.

Diketahui sebelumnya, kendala paling utama adalah lahan. Di mana sampai saat ini untuk dua Kabupaten Pangkep dan Maros tahapannya sedikit terhambat.

“Tidak bisa hanya melalui Vidcon saja, harus langsung pengendalian di tempat dengan turun langsung ke bawah, koordinasi baik itu dengan kejaksaan, pengadilan, BPN, Kementerian perhubungan apa yang bisa kita ambil bagian disitu, biar cepat selesai,” jelas Abdul Hayat Gani

“Misalnya dengan lahan kan sudah appresial sudah ada dengan proses edukasi dengan bupati. Tinggal ini, misskomunikasi antara berbayar rekening dan seterusnya ini yang ingin kami lakukan secara tegas,” tambahnya.

Sementara itu saat dikonfirmasi terkait pembangunan perlintasan sebidang di samping rel di Kabupaten Barru. Hayat mengaku ini harus ditertibkan, sehingga tidak menganggu nantinya.

“Jadi, sesungguhnya provinsi disini sebagai supporting sistem bukan tameng utama. Inikan jalur daerah Barru, Pangkep, Maros bahkan Parepare. Inilah yang harus di koordinasikan dan mediasi dengan baik,” tutupnya, Jumat (12/6/2020). (/fajar)

Komentar