oleh

Obat Manjur Untuk Covid-19 dengan Harga Miring Bernama Dexamethasone

Editor : Ashar Abdullah-Gaya Hidup, Headline, Kesehatan, Metro-

BACAPESAN.COM – Berbagai obat selama ini diklaim bisa meredakan dan menyembuhkan pasien Covid-19 lebih cepat. Kali ini, ada obat manjur yang diklaim bisa menyembuhkan pasien Covid-19. Namanya Dexamethasone, dan harganya murah.

Obat yang murah dan tersedia luas itu dapat membantu menyelamatkan nyawa pasien yang sakit parah dengan Covid-19. Dexamethasone adalah jenis pengobatan steroid dosis rendah dan terobosan besar dalam perang melawan virus mematikan. Temuan ini dipastikan oleh para peneliti Inggris.

Karena harganya murah, obat ini bisa sangat bermanfaat di negara-negara miskin dengan jumlah pasien Covid-19 yang tinggi. Perdana Menteri Boris Johnson mengklaim bahwa obat itu diyakini efektif mengobati Covid-19. Keyakinan ini membuat Inggris sudah menyiapkan persediaan setidaknya sebanyak 200 ribu bungkus Dexamethasone.

“Kami telah mengambil langkah-langkah untuk memastikan kami memiliki cukup persediaan, bahkan jika terjadi gelombang kedua,” tegasnya seperti dilansir dari BBC, Rabu (17/6).

Kepala Petugas Medis untuk Inggris Prof Chris Whitty mengatakan obat itu akan menyelamatkan nyawa di seluruh dunia. Sekitar 19 dari 20 pasien dengan Coronavirus sembuh tanpa dirawat di rumah sakit.

Ia menuturkan, obat ini membantu menghentikan beberapa kerusakan yang dapat terjadi ketika sistem kekebalan tubuh diserang melawan virus Korona.

Proses Uji Coba

Dalam uji coba yang dipimpin oleh tim dari Universitas Oxford, sekitar 2 ribu pasien rumah sakit diberikan Dexamethasone dan dibandingkan dengan lebih dari 4 ribu pasien yang tidak. Untuk pasien yang menggunakan ventilator, terbukti mengurangi risiko kematian dari 40 persen menjadi 28 persen.

Untuk pasien yang membutuhkan oksigen, obat ini mengurangi risiko kematian dari 25 persen menjadi 20 persen. Kepala Peneliti Prof. Peter Horby menegaskan ini adalah satu-satunya obat yang telah terbukti mengurangi angka kematian dan itu mengurangi risiko secara signifikan.

“Ini adalah terobosan besar,” tegasnya.

Harganya Murah

Pengobatan ini diyakini terjangkau harganya. Setiap pasien Covid-19 harus mengonsumsi obat ini hingga 10 hari. Biayanya sekitar 5 Poundsterling per pasien atau setara Rp 85 ribuan.

Ini adalah obat yang tersedia secara global. Namun demikian, orang-orang tidak bisa membelinya secara bebas.

Sebelum obat ini ditemukan, ada juga obat lain yang diklaim bisa mengobati pasien Covid-19. Salah satunya Hidroksiroklorokuin. Tetapi obat itu dikhawatirkan akan meningkatkan efek samping pada masalah jantung. (JPC)

Komentar