oleh

Milad ke-66 Banjir Prestasi, UMI Terus Berkibar di Kanca Nasional dan Internasional

Editor : Ashar Abdullah-Edukasi, Kampus-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Universitas Muslim Indonesia (UMI) kini berusia 66 tahun. Tepat 23 Juni 2020 menjadi momentum bersejarah usia kampus tersebut.

Milad ke 66 UMI Makassa tahun 2020 digelar secara virtual mengikuti protokol Covid-19 di ruangan gedung Auditorium Al-Jibra Kampus II UMI.
Dihadiri Wakil Presiden RI, Prof. Dr. KH Ma’ruf Amin, Rektor UMI Prof.Dr.H.Basri Modding, SE, M.Si beraama jajaran, Ketua Yayasan WU, Gubernur Provinsi Sul-Sel, Prof. Dr. Nurdin Abdullah, dan Para Pimpinan Perguruan Tinggi Se-Indonesia. Serta Kepala LLDIKTI Wil.IX Sulawesi dan Gorontalo.

Rektor, Prof.Dr. H. Basri Modding, SE, M.Si dalam pidatonya menyampaikan perkembangan UMI Makassar darintahun ke tahun. Baik sebelum memimpin maupun sudah menjadi Rektor.

Menurutnya, perkembangan UMI setahun terakhir. Dalam bidang akademik, UMI membina 13 fakultas dan program pascasarjana dengan 57 program studi, terdiri atas 34 program jenjang S-1, 2 program Diploma-3, 6 program Profesi, dan 11 program Magister, serta 4 program Doktor.

“UMI juga telah meraih Akreditasi Institusi A dari BAN PT. Capaian ini menjadikan UMI sebagai PTS pertama di luar Pulau Jawa yang mampu meraih akreditasi unggul. UMI juga telah masuk rangking 69 dari seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia dalam pemeringkatan
Kemenristekdikti Science and Technology Index (SINTA) di website dan aplikasi resminya,” papar Basri Modding lewat virtual disanksikan Wapres RI.

Guru besar FE UMI ini menuturkan, pihaknya masih terus berikhtiar dan berdoa agar Tim Fakultas Kedokteran UMI dapat melahirkan prodi spesialis tahun ini.
Dalam situasi Pandemi Covid-19, tidak menghentikan langkah untuk tetap survive, berkreasi dan beraktifitas belajar, bekerja dan beribadah from home.

“Dengan penerapan pembelajaran daring kegiatan ilmiah, seminar, diskusi, dan workshop melalui Webinar, termasuk kegiatan keagamaan, pesantren dan interaktif ramadan virtual, peringatan hari besar Islam, semuanya melalui online. Selain itu, UMI telah membentuk crisis centre Covid-19 dalam membantu Pemerintah dan masyarakat umum untuk mengatasi masalah yang timbul akibat Pandemi Covid-19,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi dinamika Pendidikan Tinggi yang berkembang saat ini, UMI telah membentuk tim penyusun kurikulum untuk penerapan “Merdeka Belajar” dan “Kampus Merdeka”. Diharapkan tahun ajaran baru 2020/2021 kebijakan ini segera dilaksanakan.

“UMI melaksanakan program magang bersertifikat bersama 12 Perguruan Tinggi di Makassar pada PT. Pelindo IV dan alhamdulillah mahasiswa UMI meraih penghargaan sebagai peserta magang terbaik,” terangnya.

Kepada Wakil Presiden RI, Prof Basri Modding menekankan, perbaikan kualitas manajemen syariah menjadi jawaban kunci terhadap pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dalam prospek pemulihan ekonomi di Indonesia.

“Ekonomi syariah bertujuan untuk dapat menciptakan pertumbuhan ekonomi nasional yang inklusif , berkelanjutan, dan kokoh menghadapi krisis. Untuk itu UMI bersama dengan stakeholder lainnya akan merumuskan (Arus baru
ekonomi national menuju pertumbuhan inklusif),” pungkasnya.

Komentar