oleh

Bangkit Di tengah Pandemi, Warga Gowa Sulap Limbah Kayu Jadi Pemanis Rumah

Editor : Lukman Maddu, Penulis : Hikmah-Gowa-

GOWA, BACAPESAN.COM – Kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari selama masa pandemi dialami berbagai kalangan.

Meski pemerintah telah menggelontorkan bantuan bagi masyarakat terdampak Covid-19, nyatanya bantuan sejumlah Rp600.000 tersebut tak menjangkau seluruh masyarakat yang kekurangan.

Irwan Dg. Rola misalnya, meski mata pencahariannya di bidang interior lumpuh akibat covid 19, tanggung jawabnya sebagai tulang punggung keluarga tak bisa ia ditanggalkan.

Demi mengisi piring nasinya, Irwan Dg. Rola terpaksa harus memutar otak mencari peluang bisnis yang lain. Berbekal keahlian menggunakan cat warna yang diperolehnya di negeri Sakura Jepang saat muda, Irwan kemudian mengolah limbah kayu menjadi berbagai sovenir menarik berdaya jual.

Sebut saja jam dinding, bingkai kayu, miniatur kayu dan hiasan dinding. Fitangan Irwan Dg. Rola limbah kayu mampu disulap menajadi berbagai barang yang istimewa dan tentunya bernilai jual.

“Di hari-hari biasa jauh sebelum wabah Covid-19 itu, biasanya saya kerjakan mendesain rumah dengan motif cat yang memiliki ciri khas dan membuat interior rumah, tetapi adanya wabah ini mengharuskan saya mencari jalan lain. Makanya saya membuat kerajinan dari bahan limbah kayu,” ucap Irwan Dg Rola, Jumat (26/06/2020)

Karena sekarang masa pandemi, Irwan Dg Rola mengaku menjual buah tangannya dengan harga yang murah dimulai dengan harga Rp. 60.000. Karya indah bisa menjadi pemanis rumah.

“Produksi jam dinding saya memakai alat sederhana saja, mesin produksi saya rakit sendiri karena keterbatasan alat. Namun demikian, karya saya ini sangat cocok menjadi buah tangan atau oleh-oleh, cendramata, kado ulang tahun, kado pernikahan, wisuda dan masih banyak lagi yang lainnya,” tutupnya. (*)

Komentar