oleh

Pertamina dan Dekranasda Sosialisasikan Program Kemitraan Via Online

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Hikmah-Bisnis, Ekobis, Metro, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Seiring pulihnya kembali sektor ekonomi menyambut New Normal, Pertamina jajaki kerjasama dengan Dewan Kerajinan dan Kesenian Daerah (Dekranasda) Sulsel.

Kerjasama tersebut berupa program kemitraan yang diterapkan melalui sosialisasi online yang dihadiri oleh 45 partisipan yang berasal dari pelaku UMKM binaan Dekranasda.

Dalam sosialisasi online tersebut hadir Wakil Ketua Harian 1 Dekranasda Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Oci Alepuddin dan Unit Manager Communication & CSR MOR VII, Hatim Ilwan.

Andi Oci Alepuddin menyambut baik kerjasama yang dijalin dengan Pertamina ini dan berharap bisa terus berlanjut dikemudian hari.

“Sosialisasi kali ini baru gelombang 1, kami harapkan lebih dari 100 UMKM di bawah binaan Dekranasda Provinsi Sulawesi Selatan bisa mengambil manfaat dari adanya Program Kemitraan Pertamina ini,” ungkapnya. Jumat (26/06/2020)

Hatim menjelaskan bahwa Program Kemitraan merupakan program bantuan modal usaha yang digagas oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bagi UMKM yang bertujuan untuk membantu pelaku UMKM agar menjadi tangguh dan mandiri.

“Syarat untuk bergabung dalam Program Kemitraan ini cukup mudah dengan jasa administrasi yang sangat kecil yaitu 3% per tahun,” jelasnya.

UMKM yang ingin bergabung, lanjut Hatim, harus memiliki usaha yang sudah berjalan minimal 6 bulan. Sektor usahanya pun beragam mulai dari sektor industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan perikanan hingga sektor jasa.

“Plafond bantuan modal yang bisa kami berikan mencapai Rp 200 juta dengan tenor hingga 3 tahun,” lanjutnya.

Ariani, pemilik UKM Raja Madu Sulawesi yang juga turut hadir pada kesempatan tersebut menyambut baik Program Kemitraan yang disosialisasikan oleh Pertamina.

“Kami sebagai UMKM sangat terbantu dengan peluang bantuan modal usaha yang diberikan oleh Pertamina ini,” tutupnya. (*)

Komentar