oleh

Sektor Wisata dan Budaya, Hantarkan Pemkot Parepare Masuk Nominasi API di Tingkat Nasional

Editor : Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Pemerintah Kota Parepare kembali diperhitungkan ditingkat nasional dalam ajang penyelenggaraan, Anugerah Pesona Indonesia (API) Tahun 2020.

Bagaimana tidak, daerah yang kini menjadi Kota tujuan bertaglin kota peduli itu, kembali menunjukkan eksistensinya dalam bidang pariwisata dan budaya, masuk nominasi dalam gelaran tahunan tersebut.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), Amarun Agung Hamka mengungkapkan, Parepare masuk nominas dalam kategori wisata air, dan budaya lokal.

“Susur Sungai Salo Karajae, masuk nominasi wisata air. Sementara untuk kategori budaya kita ada Mappadendang. Mappadendang itu adalah budaya masyarakat bugis setiap musim panen, itu bentuk rasa syukur masyarakat atas hasil panen padinya. Sudah menjadi tradisi dan dilestarikan sampai sekarang,” terang Hamka.

Hamka menjelaskan, keikutsertaan Kota Parepare dalam ajang anugerah pesona Indonesia tahun itu merupakan sebuah kebanggaan.

Untuk tahap selanjutnya, Mantan Kabag Humas dan Protokoler Setdako itu mengatakan, pihaknya akan mempersiapkan segala pendukung.

“Kita sudah masuk nominasi, selanjutnya kita akan persiapkan semua pendukung untuk lolos ke tahapan berikutnya,” kata Hamka.

Hamka berharap, keikutsertaannya masuk sebagai nominasi dalam ajang itu, mampu memberikan hasil terbaik yang membuat bangga masyarakat Parepare.

Bangkitnya sektor kepariwisataan di Parepare merupakan pengejawantahan dari visi misi Walikota Parepare, Taufan Pawe dalam membangun Kota Parepare di mana salah satu pilarnya adalah sektor kepariwisataan.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe beberapa waktu lalu menyampaikan perlunya melestarikan sebuah budaya dan menjaga objek wisata.

“Selama ini perbedaan budaya, ras dan golongan bahkan agama tidak pernah menjadi pemecah di Indonesia, Sulawesi Selatan, terkhusus Parepare. Karena itu, mari bersama kita jaga dan lestarikan budaya kita,” ungkap Taufan Pawe usai pegelaran festival Salo Karajae beberapa waktu lalu.
(***)

Komentar