oleh

FP-UMI Gelar Webinar Nasional Bertajuk Reformasi Kurikulum Pertanian Indonesia

Editor : Lukman Maddu, Penulis : Hikmah-Kampus-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Fakultas Pertanian (FP) Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar webinar nasional via video teleconference zoom dan Channel Youtube Fakultas Pertanian UMI.

Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Milad ke 66 Universitas Muslim Indonesia dan rencana penerapan program Kemendikbud kampus merdeka-merdeka Belajar.

Mengusung tema ‘Reformasi Kurikulum Pertanian Indonesia di Kampus Merdeka – Merdeka Belajar di Era New Normal’, webinar ini menghadirkan Dekan Fakultas Pertanian UNHAS, Prof.Baharudin.

Selain itu, kegiatan ini dihadiri empat narasumber yakni Prof.Nizam Plt. Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Prof. Mansyur Ramly, Anggota Majelis BAN PT, Prof. Hadiwiyono, Sekjen PAGI, dan Dr. Sujarwo, Dosen Fak. Pertanian UB.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor UMI Prof. Dr. H Basri Modding, S.E, M.Si. Dalam sambutannya, Prof. Basri Modding mengatakan, saat ini perguruan tinggi yang ingin maju harus dapat beradaptasi dengan perubahan.

“Program merdeka belajar telah dilaksanakan oleh UMI melalui berbagai program magang di sejumlah institusi dan industri terkait, sebagai implementasi dari kerjasama yang telah disepakati. diantaranya PT. Semen Tonasa dan PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV dalam program Magang Mahasiswa Bersertifikat, dan alhamdulillah mahasiswa UMI meraih penghargaan sebagai peserta magang terbaik,” tuturnya, Kamis (02/07/2020)

UMI membina 13 fakultas dan program pascasarjana dengan 57 program studi, terdiri atas 34 program jenjang S-1, 2 program Diploma-3, 6 program Profesi, dan 11 program Magister, serta 4 program Doktor. Dan alhamdulillah UMI satu-satunya perguruan tinggi swasta di luar pulau jawa mendapatkan akreditasi institusi “A” dan yang lebih membanggakan lagi adalah seluruh prodi di Fak. Pertanian telah terakreditasi “A”.

Fakultas Pertanian UMI diharapkan dapat mencapai akreditasi internasional melalui terobosan bapak Dekan Fakultas Pertanian, Dr. Ir. H. Abdul Haris, MP.D

Prof. Basri berharap melalui Webinar ibu dapat melahirkan kurikulum yang dibutuhkan pasar, khususnya menjawab tantangan merdeka belajar.

“Terima kasih kepada seluruh narasumber yang berkesempatan hadir dalam kesempatan ini dan peserta webinar nasional dari berbagai daerah dan kota,” sapa Prof Basri Modding memulai sambutannya.

Sementara itu, Dekan FP-UMI, Dr. Ir. H. Abdul Haris, MP. dalam laporannya mengungkapkan latar belakang di adakannya webinar nasional ini adalah merespon Program Kemendikbud Kampus Merdeka dengan melakukan reformasi terhadap kurikulum pertanian di indonesia.

“Semoga kegiatan ini dapat memberi manfaat kebaikan khususnya dalam menjawab kebijakan merdeka belajar melalui reformasi kurikulum pertanian di indonesia,” tutup Dr. Abdul Haris. (*)

Komentar