oleh

Waspada, Ada Jamur Enoki yang Tercemar Bakteri Listeria Monocytogenes

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Hikmah-Headline, Kesehatan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Pelarangan impor jamur Enoki asal Korea Selatan oleh Badan Ketahanan Pangan sejak 25 Juni 2020 lalu, menjadi kabar buruk bagi penggemar Suki di Indonesia.

Bagaimana tidak, jamur Enoki merupakan jamur yang sangat digemari masyarakat karena rasanya yang nikmat dan pas dijadikan bahan pelengkap di menu Suki.

Penghentian tersebut dilakukan setelah adanya informasi dari International Food Safety Authority Network (Infosan), jaringan otoritas keamanan pangan internasional di bawah FAO/WHO, bahwa pada Maret hingga April 2020 di Amerika Serikat, Kanada, dan Australia, ditemukan jamur Enoki yang tercemar bakteri Listeria Monocytogenes yang berbahaya bagi tubuh.

Menurut Rachmat Faisal Syamsu, selaku Kordinator Karya Tulis Ilmiah di Fakultas Kesehatan UMI, bakteri Listeria Monocytogenes berbahaya terutama bagi yang mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh.

“Bakteri ini bisa menyebabkan infeksi untuk bayi, anak-anak, hingga dewasa juga untuk ibu hamil. Terutama bagi mereka dengan sistem kekebalan tubuh rendah atau pada saat menurun bakteri ini sangat mudah menyerang tubuh,” terangnya, Selasa (07/07/2020).

Lebih jauh, kata Rachmat, yang harus diwaspadai adalah karena bakteri ini tidak langsung menimbulkan gejala.

“Kadang gejalanya muncul dua atau tiga minggu kemudian, sehingga banyak yang tidak menyadari bahaya bakteri ini,” ungkapnya.

Dengan ditariknya jamur Enoki kata Rachmat, merupakan keputusan yang sangat tepat sembari menunggu hasil penelitian mengenai bakteri berbahaya ini.

Sementara itu, untuk menyikapi pemberhentian impor jamur Enoki, Marcom Hotel Claro Richwan Wahyudi mengungkapkan sejak jamur ini dinyatakan mengandung bakteri Listeria salah satu resto yang dibawahinya, Sunachi telah menghentikan penggunaan jamur tersebut.

“Sunachi telah melakukan penarikan bahan makanan pertanggal 25 Juni lalu, hal ini untuk mencegah kontaminasi bahan makanan yang mengandung bakteri,” jelasnya.

Sejalan dengan itu, Marcom The Rinra Hotel dan Phinisi Point, Aziz Munawir mengatakan meski digemari, penghentian penggunaan jamur Enoki di Sunachi tidak akan mengurangi cita rasa yang akan tersaji dari salah satu resto ternama di Makassar itu.

“Kami memiliki sertifikat halal sehingga bahan yang kami gunakan juga harus yang aman,” pungkasnya.

Komentar