oleh

Marak Berita Hoax Soal Covid-19, MUI Gelar Edukasi Media 

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Hikmah-Edukasi-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Maraknya informasi hoax terkait virus covid 19 membawa Majelis Ulama Indonesia (MUI) kota Makassar menggelar edukasi publik mengusung tema ‘Edukasi Media Di Era Pandemi Covid 19’.

Berlangsung di Grand Asia Hotel, kegiatan ini menghadirkan beberapa pembicara handal seperti Dr. Sakka Pati selaku Dosen Fakultas Hukum Unhas sekaligus anggota gugus covid,

Tamsil tahir seorang Pimpinan Redaksi si salah satu Media besar di Makassar serta

Firdaus selaku Dekan Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar.

Dalam sambutannya, Ketua MUI Makassar, Anregurutta Dr. KH Baharuddin AS mengungkapkan disaat seperti sekarang ini dimana pandemi sangat menakutkan, berbagai pemberitaan hoax pun hadir akibatnya pemahaman masyarakat terhadap cobid ini sangat beragam.

“Bisa saja berita menimbulkan musibah karena kecerobohan dan tidak melakukan klarifikasi. Nah disini kita akan tampilkan beragam narasumber dan pandangannya mengenai bagaimana peranan media selama pandemi.” Paparnya Sabtu (11/07/2020)

Sejalan dengan itu, Dr. Sakka Pati dalam materinya mengungkapkan bahwa untuk menyelesaikan masalah pandemi ini harus menerapkan TSM ( terstruktur, sistematis dan meyeluruh) haruskah benar benar dilakukan.

“Betul saat ini kita telah terpapar bukan hanya virus tetapi juga info yang menyesatkan. Olehnya diharapkan  Media Massa memberi informasi yang valid karena saat sekarang ditengah ketakutannya orang. Media jg sebagai fungsi edukatif” Ungkapnya.

Selain menyoroti Media, Dr Sakti juga mengatakan bahwa kebijakan dari pemerintah pun harus dipikir matang matang jangan sampai tidak ada kesatuan.

“Selama ini tidak ada kesatuan kebijakan dari pemerintah, semoga digantinya PJ walikota bisa berpengaruh terhadap pengambilan keputusan kedepannya,” pungkas Sakti.

Komentar