oleh

KPU dan Kemenag Teken MoU Pemuktahiran Data Pemilih

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Qurniawan-Enrekang, Pilkada, Politik-

ENREKANG, BACAPESAN.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Enrekang menjalin kerja sama dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Enrekang. Hal itu dilakukan untuk menguatkan kembali komitmen dalam peningkatan kualitas data pemilih.

Bertempat di ruang kerja Kepala Kemenag Kabupaten Enrekang, KPU Kabupaten Enrekang mengikat komitmen dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Enrekang melalui penanda tanganan Nota Kesepahaman (MoU), Selasa (14/7/2020).

Di hadapan para pejabat lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Enrekang dan Komisioner KPU Kabupaten Enrekang, Kamaruddin SL selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Enrekang dan Haslipa selaku Ketua KPU Kabupaten Enrekang menandatangani MoU tentang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan dan Pendidikan Pemilih.

Menurut Kamaruddin, terkait data pemilih Kantor Kementerian Agama Kabupaten Enrekang juga akan andil untuk meningkatkan kualitas data pemilih yang dikelola oleh KPU Kabupaten Enrekang.

“Kemenag Kabupaten Enrekang bersedia memfasilitasi KPU Kabupaten Enrekang dalam melakukan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dan pendidikan pemilih khususnya bagi siswa Madrasah Aliyah. Sehingga melalui kegiatan fasilitasi yang demikian, kiranya bisa memudahkan KPU Kabupaten Enrekang dalam menghasilkan data pemilih yang berkualitas,” jelasnya.

Selanjutnya, sambung Kamaruddin, pihaknya juga berharap agar tingkat partisipasi dalam Pemilu dan Pemilihan di Kabupaten Enrekang semakin meningkat di masa yang akan mendatang.

Sementara itu, Haslipa mengatakan data yang paling dibutuhkan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Enrekang adalah terkait perubahan status perkawinan warga di Kabupaten Enrekang.

“Data perubahan status perkawinan dari Kemenag Kabupaten Enrekang nantinya akan kami komparasikan dengan data yang telah kami kelola sebelumnya. Utamanya terkait data pernikahan dini,” ucap Haslipa.

Demikian halnya dengan data dari siswa Madrasah Aliyah, akan menjadi dasar untuk melakukan mapping lebih awal terhadap potensi pemilih pemula.

Tidak lupa, Haslipa menyampaikan kesyukurannya atas dukungan yang diberikan oleh pihak Kantor Kementerian Agama Kabupaten Enrekang dalam melaksanakan amanah undang-undang berupa pemeliharaan data pemilih berkelanjutan.

“Kami ucapkan terima kasih banyak kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Enrekang dan jajarannya karena telah bersedia memfasilitasi KPU Kabupaten Enrekang dalam melakukan tugas pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dan juga pendidikan pemilih.” tutupnya.

Komentar