oleh

Buntut Covid-19, Jumlah Limbah Medis Terus Meningkat

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Hikmah-Kesehatan, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Jumlah limbah medis di beberapa Rumah Sakit di kota Makassar mengalami lonjakan signifikan selama masa pandemi Covid-19, Selasa (14/07/2020).

Tercatat sejak Maret hingga Juni 2020, jumlah limbah medis di beberapa rumah sakit mulai mengalami peningkatan. Hal tersebut seiring dengan meningkatnya jumlah pasien Covid-19 di beberapa rumah sakit.

Berdasarkan data dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo menghasilkan limbah medis terbanyak diperiode Maret yakni 0,281 Kg. Disusul rumah sakit Bhayangkara dengan jumlah limbah 0,255 Kg dan rumah sakit Sayang Rakyat sebanyak 0,252 Kg.

Sedang untuk Juni dari data yang terhimpun, limbah Rumah Sakit terbanyak disumbang oleh Rumah Sakit Umum Kejiwaan Daerah Dadi Sulsel sebanyak 3.793 Kg, Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo sebanyak 2.383 Kg dan Rumah Sakit Labuang Baji sebanyak 2.073 Kg.

Meski data di Juli belum terhimpun, PLT Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar Iskandar Lewa mengatakan peningkatan limbah medis bisa saja terus terjadi.

“Kami belum bisa prediksi, Tapi jika merujuk pada kondisi sekarang yang mana SulSel masuk lima besar untuk masyarakat yang positif Covid 19 dan sebagian besar Rumah Sakit rujukan ada di Makassar, bisa jadi ada kenaikan limbah medis,” pungkasnya.

Komentar