oleh

Rutan Pinrang Terapkan Sistem Layanan Online Terpadu

Editor : admin 1-Pinrang-

PINRANG, BACAPESAN.COM- “Pandemi Covid-19 tak membuat layanan di Rutan Pinrang terhenti. “Seperti itulah yang diungkapkan oleh Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Pinrang, Ali Imran dalam menghadapi penerapan tatanan baru (new normal), Selasa (14/7).

Kurang lebih empat bulan layanan publik di Rutan Pinrang beralih bentuk dari konvensional ke dalam sistem daring (online).

Cara yang dilakukan Kepala Rutan Pinrang yang mengubah bentuk layanan merupakan langkah progresif dan preventif dalam menghadapi penyebaran Covid-19 di dalam Rutan.

Inovasi yang muncul saat menghadapi Covid-19 sejalan dengan diusulkannya Rutan Pinrang menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), sesuai dengan Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor M. HH-17.OT.03.01 Tanggal 13 Juli 2020 tentang Penetapan Usulan Satuan Kerja Berpedikat WBK dan WBBM di Lingkungan Kemenkumham RI.

Menurut lulusan Akademi Pemasyarakatan ini, bahwa Rutan Pinrang memiliki beberapa inovasi berbasis online. Layanan ini dikenal dengan Sistem Layanan Online Terpadu (SiLaLiDu), seperti kunjungan online, sidang perkara online, sidang TPP online, pengajian online, survei online, pengaduan online dan pendampingan hukum online. Media yang digunakan dalam layanan ini berupa aplikasi meeting zoom dan Whatsapp.

“Masalah memang membuat kita survive, pandemi ini menyebabkan munculnya beberapa inovasi di Rutan Pinrang.” Ungkap Imran.

Inovasi yang muncul ini lantas tak membuat Rutan Pinrang berpuas diri tetapi, Karutan Pinrang berharap agar kualitas layanan terus ditingkatkan dan benar-benar memiliki dampak bagi masyarakat.

“Orientasi layanan kami adalah kepuasan masyarakat, semoga segala giat yang dilakukan selama menghadapi Pandemi Covid-19 berdampak pada Rutan Pinrang meraih Predikat WBBM.” tutup Putra Sinjai.

Komentar