oleh

Wujudkan Pasar Sehat, Pemkot Parepare Intens Lakukan Inspeksi

Editor : Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Kesehatan bersama Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 turun melakukan upaya Inspeksi Kesehatan Lingkungan (IKL) di beberapa pasar yang ada di Kota Parepare, seperti di Pasar Lakessi dan Pasar Labukkang, Kamis (16/7/2020).

Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kota Parepare, Yusri menjelaskan, kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mengevaluasi kondisi kesehatan lingkungan di pasar dan sebagai bahan perumusan rencana intervensi dalam mewujudkan pasar sehat.

“Kami turun dengan tim penilai penyelenggaraan pasar sehat karena pasar adalah salah satu indikator tatanan penilaian kota sehat. jadi memang besar dukungannya pasar untuk lahirnya kota Parepare sebagai kota sehat. oleh karena itu, kita turun menilai indikator-indikator apa saja yang harus dibenahi,”jelas Yusri.

Yusri menambahkan, ada beberapa kriteria penilaian untuk menjadikan pasar sebagai pasar sehat, di antaranya, masalah lokasi, bangunan pasar, sanitasi pasar, serta sarana dan prasarana yang ada dalam pasar itu, termasuk maslah parkir pasar tersebut.

“Ini masih kita tunggu nilai dari tim yang ada, nanti kita tuangkan dalam monitoring evaluasi, mengenai pembenahan kekurangan-kekurangan pasar. Itu akan kita usulkan ke UPTD Pasar untuk minta intervensi bersama-sama untuk menjadikan pasar itu sebagai pasar sehat,”terangnya.

Dalam penilaian penyelenggaraan pasar sehat tersebut, Dinas Kesehatan mengambil sampel air bersih sebagai salah satu indikator kebutuhan pokok di dalam pasar. “Kalau airnya bersih dan sehat, pasti semua unsur pelayanan di dalamnya pasti sehat. Kemudian dari Dinas PKP mengambil sampel bahan pangan, seperti sayur dan ikan apakah tidak berformalin,”tambahnya.

Dalam kegiatan ini, juga Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Parepare, juga mengimbau para pedagang untuk selalu menggunakan masker, “Karena pasar merupakan tempat berkumpulnya orang banyak dengan adanya transaksi jual-beli,” pintanya.

Dalam penilaian pasar sehat itu juga dihadiri Sekretaris Dinas Kesehatan Parepare, Rahmawaty.
(***)

Komentar