oleh

Cegah Stunting, Kades Makkawaru Gelar Rembuk

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Amran-Pinrang-

PINRANG, BACAPESAN.COM – Pemerintah Desa Makkawaru melaksanakan kegiatan rembuk dalam rangka penanganan dan pencegahan stunting bertempat di Aula Kantor Desa Makkawaru Kecamatan Mattirobulu Kabupaten Pinrang, Jumat (17/7/2020 ).

Rembuk stunting pada prinsipnya adalah komitmen semua pihak termasuk warga masyarakat dan seluruh elemen untuk menjadikan stunting sebagai sesuatu yang harus ditangani secara bersama.

Kepala Desa Makkawaru Tamrin Samad, menjelaskan, stunting harus dihadapi secara bersama. Semua elemen masyarakat harus turut dalam mengatasi stunting. Bukan hanya tugas kepala desa, tapi semua elemen masyarakat harus ikut dalam pencegahan dan penanganan stunting.

“Mencegah stunting harus dimulai sejak dalam kandungan dan setelah lahir hingga dua tahun harus diberi ASI,”.papar Tamrin.

Sementara itu, menurut Kepala Puskesmas Mattirobulu, Irwan SKM menjelaskan bahwa kelahiran sampai umur dua tahun harus diberikan makanan bergizi terutama Air Susu Ibu. dengan pemberian Air Susu Ibu, hal ini akan menunjang pertumbuhan anak kedepan dan Stunting dapat terhindarkan

Untuk kecamatan Mattirobulu menurutnya, stunting ini terjadi karena kesalahan dalam memberikan tambahan makanan diawal kelahiran.

“Banyak ibu disini yang memberikan madu saat baru lahir, yang seharusnya memberikan ASI hingga dua tahun dan umur 6 bulan baru boleh diberikan makanan tambahan,” jelas Irwan.

Komentar