oleh

Budidaya Perairan Unismuh Penyuluhan di Bendungan Somba Opu

Editor : Syarifah Fitriani-Kampus-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Program Studi S1 Budidaya Perairan Fakultas Pertanian Unismuh Makassar, Ahad pagi (19/7/2020) menggelar pengabdian masyarakat dengan melakukan penyuluhan pada kelompok pembudidaya ikan lele dan ikan nila di karamba jaring apung di Bendungan Somba Opu Makassar.

Demikian ditegaskan Dekan Fakultas Ilmu Pertanian Unismuh Makassar, Dr Burhanuddin, kepada media, Ahad (18/7/2020).

Dijelaskannya, kegiatan pengabdian masyakat kali ini dilaksanakan tepatnya di Gontang Raya Kelurahan Tanjung Merdeka Kota Makassar. Peserta pelatihan ada 10 orang per kelompok dan terdapat 11 kelompok yang terdiri dari nelayan pembudidaya karamba jaring apung, khusus ikan nila, lele dan jenis ikan tawar lainnya.

Selama kegiatan berlangsung materi yang disajikan di antaranya Teknik Pembuatan Pakan ikan yang Ramah Lingkungan dan Berkualitas oleh Dr Ir Andi Khaeriyah, Penanganan Penyakit Ikan Lele dan Nila di Karamba Jaring Apung oleh Dr Hamsa.

“Kegiatan pengabdian masyarakat ini disamping bertujuan bersilaturahmi dengan kelompok pembudidaya ikan , juga sebagai amanah pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi. Terkait pengabdian kepada masyarakat dalam rangka turut berperan dalam pemberdayaan masyarakat untuk pembukaan lapangan kerja baru bidang perikanan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Burhanuddin.

Fakultas Pertanian Unismuh Makassar kini mengelola prodi yakni, S1 Agribisnis, S1 Budidaya Perairan, S1 Kehutanan dan S1 Agroteknologi.

“Prodi yang dibina tersebut telah mendapat akreditasi dari BAN-PT. Agribisnis dengan nilai akreditasi A, Budidaya Perairan (B), Kehutanan (B), Agroteknologi (Terakreditasi), ungkap doktor ilmu pertanian PPs-Unhas 2019 ini,” ungkap Alumni Fakulta Pertanian Unhas ini.

Komentar