oleh

Jual Hewan Kurban Wajib Miliki SKPK

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Armansyah-Headline, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Untuk menjamin hewan kurban aman dikonsumsi, pemerintah wajibkan pedagang hewan kurban memiliki Surat Keterangan Pemeriksaan Kesehatan (SKPK). Apalagi perayaan hari raya Idul Adha tinggal menghitung hari.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, Muh Ansar mengatakan, penerbitan SKPK ini bertujuan menjamin masyarakat membeli hewan kurban. Sehingga, pemerintah akan menurunkan personel untuk memeriksa lokasi penjualan hewan kurban.

“Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar harus memberikan jaminan terhadap kesehatan hewan kurban yang akan disembelih pada saat hari raya Idul Adha,” kata Muh Ansar, Senin (20/7).

Penerbitan SKPK ini harus melalui beberapa persyaratan. Diantaranya, berkelamin jantan, usia minimal 2 tahun untuk Sapi, dan 1 tahun bagi Kambing, sehat berdasarkan pemeriksaan dokter hewan, tidak cacat, dan tidak kurus.

Rencananya, Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) menerjunkan 100 orang yang tergabung dalam T2PKH untuk mengawal terbitnya SKPK. Tim ini terdiri dari, DP2 Pemkot Makassar, Prodi Kedokteran Hewan Unhas, Fakultas Sains dan Teknologi UINAM, Fakultas Pertanian Unibos, dan PDHI (Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia) Cabang Sulselbar.

Selain menerbitkan surat keterangan, juga dilakukan edukasi, dan sosialisasi pemeriksaan kesehatan hewan kurban baik secara formal dan informal. Tujuannya agar daging dan jeroan hewan kurban yang akan dibagikan memenuhi kriteria Aman, Sehat, Utuh, dan Halal (ASUH).

“Upaya ini kami lakukan agar masyarakat merasa aman dan yakin jika hewan kurban yang disembelih dan dikonsumsi memenuhi kriteria aman, sehat, utuh, dan halal,” pungkasnya.

Komentar