oleh

Pantai Losari dan Bioskop Segera Dibuka

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Al Amin-Metro, Wisata-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Pemerintah Kita Makassar segera akan membuka Pantai Losari. Hal itu diakui Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin, Rabu kemarin.

Setelah ditutup karena pandemi Covid-19, akhirnya melalui kebijakan Rudy, destinasi wisata itu kembali dibuka untuk umum.

“Losari sudah bisa buka, untuk PKL kalau mau menjual silahkan patuhi protokol kesehatan,” bebernya.

Alasan pembukaan kembali kata Rudy, agar masyarakat Makassar tidak boleh stres, karena akan berdampak pada kesehatan tubuh. Untuk menjamin kesehatan masyarakat tetap terjaga, maka arena wisata harus dibuka.

“Jadi begini, ini kan masyarakat butuh titik kumpul, masyarakat kita sudah beraktifitas juga. Ya jadi kalau saya, kita harus bisa tetap mempersiapkan layanan masyarakat, kita yang ingin menikmati kota Makassar” Kata Rudy saya dikonfirmasi kemarin.

Dia juga menjelaskan, pihaknya tetap memperbolehkan area wisata buka asal standar protokol kesehatan tetap diterapkan.

“Tapi satu kuncinya adalah bahwa protokol harus dijalankan. Kemarin sempat datang, bagaimana pak? Tapi ini pada prinsipnya kembali ke pengendalian ekonomi. Tapi satu yang pasti, kan protokol kesehatan itu harus bisa jalan,” ucapnya.

Selain area wisata, Pemkot juga memberikan izin bagi bioskop untuk buka jam tayang film. Itu diakui Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Makassar Rusmayani Madjid.

Ia menyebut, secara tegas pihaknya akan memastikan setiap bioskop yang buka menerapkan protokol covid. “Misalnya, jaga jarak antara penonton, menyiapkan tempat cuci tangan, dan penggunaan masker,” kata Maya, sapaannya.

Sementara kapasitas penonton dalam bioskop, Maya, mengatakan setiap ruangan pemutaran film, maksimal hanya 50 persen penonton.

“Yah tentu kan pasti dihitung kursinya, karena harus kan ada di lipat, misalnya harus jelas kapasitasnya satu bioskop, maksimal 50 persen,” tegasnya.

Keputusan untuk kembali membuka bioskop ini terkait dengan Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020. Dijelaskan, tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Kemudian berlakunya Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor 02/KB/2020.

Ini tentang Panduan Teknis Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Bidang Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif dalam Masa Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19

Komentar