oleh

Ungkap Tujuh Kasus, Belasan Kurir Narkoba Diciduk

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Armansyah-Kriminal-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Selatan berhasil meringkus belasan tersangka kasus penyalahgunaan narkoba selama periode Februari-Juli 2020.

Para tersangka berasal dari tujuh kasus pengungkapan. Terakhir, petugas mengamankan empat orang lelaki berinisial RB (24), AM (30), AAZ (35), dan HS (36). Mereka diamankan di wilayah Kota Parepare bersama barang bukti berupa 250 butir pil ekstasi, serta lima buah ponsel.

“Dominan sistem kerjanya melalui pengiriman paket melalui jasa pengiriman asal barang dari Sumatera, Riau, dan Pulau Jawa,” ungkap Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Sulsel, Brigjen Pol Idris Kadir, Sabtu (25/7).

Dijelaskan Idris, umumnya tersangka berasal dari Pinrang, Sidrap, dan Parepare. Pekerjaannya rata-rata petani, ada yang suami istri dan bahkan pelajar.

Pengungkapan ini sendiri umumnya pihaknya bekerjasama sama dengan Bea Cukai Sulbagsel serta masyarakat. Penindakan disebutkan dia, dilakukan dengan mematuhi penerapan protokol kesehatan COVID 19.

Terkait maraknya pemanfaatan jasa pengiriman atau ekspedisi untuk mendistribusikan barang haram tersebut, Idris mengaku dari hasil pendalaman penyelidikan ketika barang dikirim, pengetahuan petugas ekspedisi tidak mengetahui persis isinya barang yang dikirim.

“Hanya di tanya isinya apa, ya sudah. Hanya pengakuan dari pengirim, mereka (ekspedisi) tidak pernah bongkar, lebih-lebih kalau dipaking. Yah namanya bisnis kepercayaan, tidak mungkin mereka buka juga barangnya orang, hanya diberikan pernyataan barang tersebut di luar,” bebernya.

Berdasarkan aturan, atas perbuatannya tersangka dijerat pasal 114 ayat (2) dan atau pasal 112 ayat (2) dan atau pasal 113 ayat (2) undang-undang Republik Indonesia Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman penjara paling singkat enam tahun atau paling lama 20 tahun.

Komentar