oleh

Meski Digelar Secara Daring, UIN Sukses Wisuda 238 Mahasiswa 

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Hikmah-Kampus-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM- Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menggelar wisuda program Diploma, Sarjana, Magister dan Doktor angkatan ke-86 tahun 2020, Selasa (28/07/2020).

Digelar di Sultan Alauddin Hotel and Convention Center, proses wisuda tersebut berlangsung secara daring dengan hanya menghadirkan wisudawan terbaik sebagai perwakilan fakultas.

Meski digelar secara daring, 238 orang wisudawan juga ikut berpartisipasi via zoom dan proses wisuda tersebut dapat disaksikan di channel Youtube UIN Alauddin Makassar.

Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof Hamdan Juhannis menerangkan, situasi pandemi seperti saat ini membawa prosesi wisuda dikemas secara berbeda yakni dengan mematuhi protokol kesehatan dan dilaksanakan secara bertahap agar tetap menjaga fisical distance antar peserta wisuda

“Acara wisuda virtual angkatan 86 dibagi beberapa sesi. Hari ini adalah sesi pertama untuk Fakultas Sains dan Teknologi dan Fakultas Kedokteran dan ilmu kesehatan. Dengan total keseluruhan sebanyak 238 wisudawan” katanya.

Kedepannya kata Prof Hamdan, prosesi  wisuda tahap berikutnya akan kembali digelar jika situasi memungkinkan.

“Fakultas lainnya akan menyusul. Insya Allah kita akan mengatur pelaksanaannya fakultas-fakultas lainnya. Kita melihat situasi dan tetap melakukannya secara online,” katanya.

Meski wisuda daring digelar untuk pertama kalinya, Prof Hamdan berpendapat bahwa hal tersebut menjadi proses baru ke era yang lebih modern.

“Untuk pertama kalinya dalam sejarah UIN Alauddin, hari ini kita merayakan acara wisuda virtual, wisuda tanpa tatap muka, tetapi tatap maya. Wisuda virtual ini adalah pilihan terakhir bagi kita sebagai salah satu usaha untuk memutus transmisi pandemic Covid 19,” lanjutnya.

Terakhir, Prof Hamdan bersyukur karena pada kesempatan ini untuk pertama kalinya UIN Alauddin Makassar mencetak sarjana kedokteran.

“Kesyukuran bagi UIN Alauddin Makassar karena untuk pertama kalinya sudah mengeluarkan sarjana kedokteran dari fakultas kedokteran yang sudah diwisuda kurang lebih 20an,” tutupnya.

Komentar