oleh

Tunggu Juknis Menkeu, Gaji 13 Pemkot Makassar Ditunda

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Al Amin-Headline, Keuangan, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup pemerintah kota Makassar, sepertinya harus sedikit lebih bersabar. Pasalnya, pembayaran gaji 13 mengalami penundaan hingga batas waktu yang belum jelas.

Hal itu, dikarenakan belum adanya petunjuk teknis yang dikeluarkan Kementerian Keuangan RI dalam bentuk Peraturan Menteri Keuangan (PMK).

Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Makassar, Rahmat Mappatoba menjelaskan Menteri Keuangan Sri Mulyani sudah menyampaikan secara lisan terkait rencana pencairan gaji 13 pada saat virtual meeting yang dilaksanakan belum lama ini.

“Informasinya memang Agustus. Kita sudah dapat penyampaian secara virtual dari Ibu Menkeu. Namun untuk penyampaian resmi melalui Perpres dan PMK atau Peraturan Menteri Keuangan kita masih tunggu,” kata Rahmat, Senin (27/7).

Dia menjelaskan, pada prinsipnya, Pemkot Makassar sudah siap untuk membayarkan gaji 13 tersebut. Begitu Perpres dan PMK turun, pihaknya tinggal menunggu dokumen usulan pembayaran gaji 13 dari seluruh OPD lingkup Pemkot Makassar.

“Pada prinsipnya kami siap. Begitu turun Perpres dan PMK, kita bisa berkaca dari THR. Pada dasarnya kita sudah siap, kalau pencairan anggaran tergantung kelengkapan dokumen OPD. Begitu lengkap dokumennya dibayarkan,” jelas Rahmat.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani sudah mengisyaratkan jika pembayaran gaji 13 ASN akan dilakukan Agustus mendatang. Bahkan informasinya, gaji itu sempat ditunda akibat terjadinya pandemi covid-19, dimana keuangan negara diprioritaskan untuk memerangi penyakit tersebut. Bahkan, alokasi anggaran yang disiapkan untuk covid hingga mencapai 50 persen dari anggaran yang dikelola pemerintah.

Padahal, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, pembayaran gaji 13 biasanya dilakukan sebelum tahun ajaran baru. Artinya, pencairan dilakukan setiap Juli. Namun, hingga saat ini, belum ada kepastian kapan akan dibayarkan.

Pada tahun 2019 lalu, Pemkot Makassar mencairkan gaji ke-13 awal Juli bertepatan dengan tahun ajaran baru 2019/2020.

Anggaran gaji ke-13 bersumber dari APBN melalui dana alokasi umum (DAU) sehingga proses pencairannya menunggu kebijakan pemerintah pusat.

Diketahui besaran anggaran gaji ke-13 untuk seluruh ASN Pemkot Makassar berkisar kurang lebih Rp53 miliar.

Anggaran yang diterima masing-masing ASN sebesar satu bulan gaji ditambah tunjangan lain-lain diluar tambahan penghasilan pegawai (TPP).

Komentar