oleh

Jelang Idul Kurban Dinas Peternakan Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban

Editor : admin 1, Penulis : Amran-Pinrang-

PINRANG, BACAPESAN.COM -Kepala dinas peternakan dan perkebunan membentuk enam tim guna melakukan pemantauan sekaligus pemeriksaan hewan kurban di dua belas kecamatan se Kabupaten Pinrang, jelang hari raya idul kurban.

Bertempat di dusun Lakapita Desa Alitta Kecamatan Mattirobulu Kabupaten Pinrang, kepala dinas peternakan dan perkebunan M ilyas didampingi Kabid Keswan Kesmavet dan penyuluhan Elvy Martina melaksanakan pemeriksaan kesehatan hewan dan usia hewan guna kelayakan hewan kurban, bertempat di salah satu peternak dan suplayer sapi, Selasa ( 28/7/2020).

“Ada 101 ekor sapi yang diperiksa dan 5 diantaranya tidak bisa dijadikan hewan kurban sebab umurnya belum mencukupi dua tahun, sesuai petunjuk agama dan anjuran pemerintah, usia hewan kurban harus dua tahun dan tidak ada cacat,” paparnya.

“Usia sapi yang diisyaratkan harus berusia minimal dua tahun, gigi depan harus terganti minimal dua buah dan harus sehat, bulu mengkilap dan hidung bagian atas harus basah, yang menandakan sapi tersebut sehat,” jelas Elvy.

Sementar itu Kadir peternak, sekaligus suplayer sapi menuturkan, ada ratusan ekor sapi yang siap untuk dijadikan hewan kurban di tempat kami, dan satu hari setelah hari kurban ada dua puluh lima ekor akan didatangkan dari Parepare untuk di kurbankan.

“Harga sapi yang kami tawarkan berkisar antara 11 juta hingga 26 juta,” tutup Kadir.

Komentar