oleh

Cegah Penyebaran Covid, Mahasiswa Unhas Bagi-bagi Masker dan Handsanitizer

Editor : Syarifah Fitriani-Kampus-

MAKASSAR,BACAPESAN.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik UNHAS Gelombang 104, Posko Tamalate 1 melakukan beberapa rangkaian kegiatan untuk mengurangi penyebaran Covid-19 di empat Kecamatan,yakni Bongaya, Jongaya, Balang Baru, dan Barombong.

“Kami telah melaksanakan program kerja kelompok selama tiga hari berturut – turut dalam rangka mengurangi penyebaran Covid-19 di wilayah Kecamatan Tamalate yang merupakan salah satu kecamatan dengan kasus positif terbanyak di Makassar.” ungkap Fadil Aidhil, mahasiswa jurusan Hubungan Internasional yang merupakan koordinator Posko Tamalate 1.

Pada hari pertama (27/07/2020) mereka melakukan penyemprotan disinfektan ke beberapa tempat ibadah di Kecamatan Jongaya dan Bongaya. Untuk Kecamatan Jongaya, mereka melakukan penyemprotan di Masjid Mualimin dan Masjid Babul Firdaus, kemudian di Masjid Khadijah.

Hari kedua, kelompok KKN ini melakukan pembagian masker di Pasar Hartaco yang terletak di Jl Daeng Tata, Kecamatan Balang Baru dan pinggiran Jl Perjanjian Bongaya di Kecamatan Barombong.

Pada hari terakhir para mahasiswa tersebut kembali melakukan upaya untuk mengurangi penyebaran Covid-19 dengan melakukan pembagian handsanitizer kepada para pedagang kaki lima dan pemilik warung – warung di pinggiran jalan Andi Mappaodang dan jalan Andi Mangerangi, Kecamatan Bongaya.

Kecamatan Tamalate memang telah diketahui merupakan salah satu kecamatan di Makassar dengan jumlah kasus Covid-19 terbanyak. Oleh karena itu lah mahasiswa KKN Posko Tamalate 1 ini berupaya untuk mengurangi penyebaran Covid-19 dengan melakukan 3 rangkaian kegiatan tersebut.

“Sekarang ini tampaknya masyarakat mulai kembali beraktivitas seperti biasa dan itu tidak berarti menjadi normal seperti sebelum pandemi sehingga perlunya penyemprotan tempat ibadah dan pembagian masker dan handsanitizer. Dan kami juga berharap dengan ini, masyarakat semakin sadar bahwa kita tetap harus mengurangi penyebaran Covid-19 meskipun semuanya tampak seperti normal – normal saja.” Ungkap Muhammad Iqbal Abdullah, mahasiswa linguistik jurusan Sastra Inggris yang menjabat Sekretaris Posko Tamalate 1.

Posko Tamalate 1 sendiri beranggotakan 24 mahasiswa UNHAS dan dua Dosen Pendampin KKN (DPK), yaitu Muhammad Kurnia dan Retnari Dian Mudiastuti. Para mahasiswa KKN Tematik UNHAS Gelombang 104 dikelompokkan berdasarkan domisili tempat tinggal mahasiswa.

Komentar